BIN Sangat Strategis Dalam Dimensi Keamanan Negara

BIN Sangat Strategis Dalam Dimensi Keamanan Negara

350
Arqam Azikin
Arqam Azikin

Terjawab sudah wacana pergantian Kepala BIN. Ini menjadi perhatian elit politik di DPR dan di tengah masyarakat. BIN merupakan posisi tugas negara yang sangat strategis dalam dimensi tantangan dan ancaman pertahanan dan kemanan negara ke depan.

Diperlukan memang sosok yang memiliki reputasi karir dan jabatan di TNI dan Polri, dan salah satu putra bangsa yang sekarang menjabat Wakapolri Komjen Budi Gunawan atau BG yang ikuti Fit and propert test di Komisi I pagi tadi.

Dengan karir yang telah dijalani pak BG di Kepolisian RI pernah Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali dan Kapolda Jambi, kompetensi dan kredibilitas nya cukup menarik dalam menduduki posisi kepala BIN ke depan.

Dan, Presiden RI yang memiliki hak prerogatif dalam menentukan putra terbaik bangsa di job Kepala BIN. Pak Jokowi pastilah sudah mempunyai data-data figur yang tepat dan sesuai kondisi kekinian dalam menentukan Kepala BIN yang begitu strategis untuk menopang membantu tugas Presiden RI menjalankan tugas kenegaraan bagi kepentingan rakyat Indonesia.

Tantangan dan ancaman bagi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa kita, perlu jadi perhatian ekstra Kepala BIN di era globalisasi. Pengaruh opini dan adanya permainan setting negatif dari Luar negara kita, juga menjadi keharusan mencermati pergerakannya yang akan cenderung merongrong kedaulatan wilayah NKRI.

Penulis: Arqam Azikin, analis politik & Hankam/Pendiri Sekolah Kebangsaan

Komentar