Kuasa Hukum: Rekonstruksi Bukan Dasar Menetapkan Saleh Melakukan Pembunuhan

Kuasa Hukum: Rekonstruksi Bukan Dasar Menetapkan Saleh Melakukan Pembunuhan

377

PORTALMAKASSAR.COM – Saleh (38) tersangka pembunuhan Almarhum Rafika Hasanuddin (22) telah menjalani rekonstruksi di tempat kejadian perkara (TKP) Perumahan Yusuf Bauty, Jalan Manggarupi, Kel Paccinongan, Kec Somba Opu, Kab Gowa, Senin (30/1/2017).

Selepas proses rekonstruksi, Budi Minzanthu Kuasa hukum tersangka angkat bicara terkait 52 adegan rekonstrukai yang telah di jalani kliennya.

Menurut Budi Minzathu, rekonstruksi bukanlah dasar yang tepat untuk menetapkan Saleh sebagai orang yang melakukan pembunuhan ini.

“Rekonstruksi ini kita tidak boleh menjustifikasi bahwa tersangka adalah pelaku, karena ini jelas melanggar asas praduga tak bersalah,” ujarnya selepas menyaksikan rekonstruksi.

“Bahwa pasal 339 KUHP harus ada unsur tindak pidana lain untuk memuluskan tindak pidana yang lain untuk membebaskan diri, ini kan belum ada unsurnya, kalau berdasarkan hasil rekonstruksi murni kekerasan” tambahnya.

Lebih lanjut, Budi Minzanthu berharap agar kasus ini secepatnya dilimpahkan pengadilan, agar tim kuasa tersangka dapat menguji semua alat bukti yang di temukan oleh penyidik.

“Jadi harapannya berkas perkara secepatnya di limpahkan, sehingga semua alat-alat bukti yang ditemukan oleh penyidik bisa kita uji di persidangan,” lanjutnya.

(Rustam)

Komentar