JSI: Elektabilitas Cagub Belum Ada Yang Dominan

JSI: Elektabilitas Cagub Belum Ada Yang Dominan

509

PORTALMAKASSAR.COM – Meski tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulsel masih ada beberapa bulan, sejumlah figur sudah terlihat.

Mereka yang punya kans maju bertarung, yakni Nurdin Halid, Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Abdullah, dan Rusdi Masse. Lainnya, berpeluang maju di posisi calon wakil.

Namun untuk elektabilitas masing-masing kandidat terutama untuk posisi calon gubernur, Konsultan politik dari Jaringan Suara Indonesia (JSI) Arif Saleh sedikit membocorkan jika belum ada satu pun figur yang dukungan elektoralnya dominan.

“Belum ada figur yang elektabilitasnya di atas 30 persen. Dan itu wajar, karena tahapan pilkada ini masih lama, sehingga dukungan masih terdistribusi ke beberapa figur. Tetapi kalau kandidat sudah mengerucut atau siapa yang pasti menjadi kontestan, itu akan terjadi perubahan peta dukungan elektoral,” pungkasnya, kepada PORTALMAKASSAR.COM, Kamis (6/4) malam.

Apakah lima nama mengerucut itu akan tetap calon gubernur (cagub)? Arief yang juga mantan wartawan desk politik ini menjelaskan jika itu masih dinamis.

“Tapi diantara lima nama itu, peluang maju berpasangan belum sepenuhnya tertutup. Komunikasi antar kandidat, sebagian masih sangat cair, dan masih saling menjajaki,” papar Arif.

Menurut Arif, kendati lima nama tersebut diwacanakan maju di posisi 01, tapi dinamika politik yang terjadi kedepannya, memungkinkan ada deal-deal politik diantara mereka. Seperti bersedia menjadi calon wakil, terutama jika sulit untuk mencukupkan syarat usungan jika ngotot di posisi bakal calon gubernur.

Arif menilai, dari lima nama tersebut, ada tiga kandidat yang agak sulit maju di posisi wakil. Mereka adalah Nurdin Halid, Ichsan, serta Agus. “Kalau tiga nama ini saya yakin agak sulit jika maju menjadi calon wakil. Sedangkan NA, sepertinya menunjukkan isyarat masih mempertimbangkan tawaran dari NH untuk maju di posisi wakil. Begitu juga RMS, pasti akan realistis jika memang pada saatnya dalam menentukan sikap, akan mempertimbangkan plus-minus maju di posisi 01 atau 02,” papar Arif.

Bagaimana dengan figur lain? Arif menyebut, kansnya masih terbuka jika ingin mengincar kemenangan. Dengan catatan, maju menjadi calon wakil dan mendampingi diantara lima nama yang di atas.

Arif menganggap, figur seperti Aziz Qahhar Mudzakkar, Akbar Faisal, Andi Mudzakkar, Lutfhy A Mutty, Andi Yagkin Padjalangi, Abd Rivai, Ni’matullah, Burhanuddin Andi, Aliyah Mustika Ilham, serta Ashabul Kahfi layak dimasukkan nominator untuk posisi calon wakil.

(Hasanuddin)

Komentar