Kegiatan HTI Tak Berizin, Polda Sulsel Siap Membubarkan

Kegiatan HTI Tak Berizin, Polda Sulsel Siap Membubarkan

206

PORTALMAKASSAR.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel tidak memberi izin kegiatan tabligh akbar yang rencananya diselenggarakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Lapangan Karebosi Makassar besok, Minggu (16/4/2017). Bahkan Polda Sulsel sudah mengeluarkan surat larangan kegiatan.

Dalam surat larangan yang diterima Portalmakassar.com, tabligh akbar dalam rangka peringatan isra mi’raj bertajuk Masirah Panji Rasulullah itu akan diadakan di lapangan Karebosi. Kegiatannya berupa tabligh akbar, kirab budaya Islam, serta pawai secara tegas dilarang oleh Polda Sulsel.

“Ya, kegiatan tersebut tidak diizinkan. Secara tegas Polda Sulsel melarang, olehnya kita tidak dapat menerbitkan STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan),” ungkap Kombes Pol Tjatur Abrianto kepada Portalmakassar.com, Sabtu (15/4/2017).

Abrianto mengatakan, alasan tak diberikannya izin untuk HTI lantaran muncul berbagai penolakan dari organisasi masyarakat (ormas) dan pemuda lainnya terkait acara tersebut.

“Situasi keamanannya tidak mendukung karena ada penolakan. Sehingga akan menimbulkan gangguan kamtibmas yang dapat mengancam keselamatan jiwa para peserta,” kata Direktur Intelkam Polda itu.

Kemudian yang terakhir, alasan pelarangan juga dikarenakan belum adanya rekomendasi dari Kesbang, Depag, dan Instansi terkait lainnya.

Atas pelarangan tersebut, sebagai bentuk antisipasi, Polda Sulsel telah menyiapkan 2.500 lebih pasukannya untuk siap membubarkan HTI jika saja masih tetap melakukan kegiatan tersebut.

Diketahui selain larangan dari Polda Sulsel, sebelumnya kegiatan HTI itu juga tidak diberi Izin oleh Pemerintah Kota Makassar.

Majied RL

Komentar