Daftar Balon Walikota Makassar, Nasran Mone Bawa Kelapa dan Gula Merah

0
685

PORTALMAKASSAR.COM – Politisi Partai Golkar Makassar Nasran Mone atau yang akrab disapa Cak Mon mempertegas kesiapannya menyongsong Pilkada Makassar 2018 dengan melakukan pendaftaran sebagai bakal calon (balon) di Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra, Rabu (3/5/2017).

Ada yang menarik saat Cak Mon menyambangi kedua kantor partai tersebut.

Dimana mantan anggota DPRD Makassar yang didampingi Timnya membawa sebuah Kelapa dan Gula Merah untuk diserahkan kepada pihak partai.

Menurut Cak Mon persembahan Kelapa dan Gula Merah merupakan simbol adat orang Sulsel yang biasa disebut dalam bahasa Makassar Rampea Golla Naku Rampeki Kaluku.

“Saya bawa Gula Merah dan Kelapa pada pengambilan formulir cawalkot di Gerindra dan PAN karena itu adalah simbol adat budaya kita orang Sulsel, apalagi saya yang asli Makassar,” jelas Cak Mon.

Cak Mon melanjutkan, adapun arti dari semua itu adalah jika kita di beri kebaikan maka kebaikan pula balasannya, dan jika diberi yang manis maka akan beri kenikmatan.

“Inilah simbol persaudaraan yang si pakatau, saling menghormati,” terangnya.

Cak Mon menambahkan seorang pemimpin harus mengerti simbol adat, karena jika menjadi pemimpin dan tidak menghargai adat istiadatnya maka dia adalah pemimpin yang tidak punya rasa pacce na siri (sikap malu), tidak punya kepekaan sosial dan kedepannya dalam mengambil kebijakan akan lebih dominan merugikan masyarakat.

(Majied Rl)

Komentar