Bahan Makanan Berformalin, DKP Kota Makassar Sarankan Warga Agar Lebih Teliti Dalam Mengkonsumsi Makanan

0
99
Kepala DKP Kota Makassar, Sri Sulsilawati ||PORTALMAKASSAR.com

PORTALMAKASSAR.COM— Inspeksi Mendadak ( Sidak ) tim gabugan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar bersama tim terpadu di dua pasar, tradisional dan modern, Senin (15/5/17) siang berhasil menemukan makanan yang mengandung formalin pada sebuah daging udang.

Kepala DKP Kota Makassar, Sri Sulsilawati kemudian menjelaskan bahwa formalin merupakan cairan pengawet mayat yang sampai sekarang masih digunakan di lingkungan Rumah Sakit untuk mengawetkan sampel jaringan tubuh manusia dari hasil biopsi atau sampel langsung yang diambil pada saat operasi sebelum diperiksa di laboratorium. Formalin diketahui tidak berwarna dan mempunyai bau yang keras dan mempunyai berat jenis 1,09 kg/L dalam suhu 20 derajat Celsius.

Formalin bagi tubuh manusia diketahui sebagai zat beracun, karsinogen (menyebabkan kanker), mutagen (menyebabkan perubahan sel, jaringan tubuh), korosif dan iritatif,” tutur Sri Sulsilawati saat diwawancarai PortalMakassar.com.

Selain itu, Sri juga memaparkan dampak buruk bagi kesehatan jika formalin masuk kedalam tubuh manusia bersamaan dengan makanan yang dikomsumsinya.

Dampak buruk bagi kesehatan jika terpapar formalin secara kronik dan berulang-ulang antara lain sakit kepala, radang hidung kronis (Rhinitis), mual-mual, gangguan pernapasan, baik berupa batuk kronis atau sesak napas kronis. Gangguan pada persarafan berupa susah tidur, sensitif, mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi. Pada perempuan akan menyebabkan gangguan menstruasi dan infertilitas,” Jelasnya.

Pada manusia penggunaan formalin jangka panjang dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan. Pada penelitian binatang, ternyata formalin menyebabkan kanker kulit dan kanker paru.

Formalin juga dapat diserap oleh kulit dan seperti telah disebutkan di atas juga dapat terhirup oleh pernapasan kita. Oleh karena itu, melalui kontak langsung dengan zat tersebut tanpa menelannya juga sudah dapat berdampak buruk bagi kesehatan,” katanya.

Formalin juga dapat merusak persarafan tubuh manusia dan dikenal sebagai zat yang bersifat racun untuk persarafan tubuh (neurotoksik). Sampai sejauh ini, informasi yang ada menyebutkan tidak ada level aman bagi formalin jika tertelan oleh manusia.

Sekali lagi, jelas bahwa zat ini sangat berbahaya jika masuk dalam tubuh manusia baik kontak langsung, terhirup ataupun tertelan. Konsumen agar lebih teliti dan selektif di dalam mengkonsumsi makanan ” tutupnya. (MAJIED RL/RED2)

Komentar