“Ayo ke Kepulauan Sangkarrang”

0
380

PORTALMAKASSAR.COM – Kota Makassar tidak hanya dikenal dengan Pantai Losari. Namun berbagai wisata lain yang indah terhampar di kota daeng (sebutan Makassar).

Bagi Anda yang melakukan perjalan wisata di Makassar, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pulau-pulau eksotis yang terdapat di sekitar Makassar.

Beberapa pulau mungkin sudah familiar di telinga dan menjadi lokasi kunjungan wisatawan seperti Pulau Kayangan, Lae-Lae, Samalona, Barrang Lompo.

Kini, beberapa pulau lainnya yang menawarkan pasir putih yang bersih serta terumbu karang yang sayang kalau dilewatkan.

Pulau apa itu? namannya Kodingareng keke, Kodingareng, Langkai dan Lanjukang.

Untuk menjangkau pulau-pulau di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, cukup mudah. Dari kota Makassar, ada beberapa akses menuju Kepulauan Spermode ini, yaitu Dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Popsa, Pelabuhan Tradisional Paotere, Dermaga Galangan Kapal, dan Dermaga Barombong.

FB_IMG_1495374979782

Namun yang paling sering digunakan masyarakat yang berpenghuni di kepulauan spermonde di Dermaga Kayu Bangkoa. Dermaga ini terletak di Jalan Pasar Ikan, tidak jauh dari keramaian pantai Losari Makassar.

Jika tidak teliti, jalan masuknya bisa saja terlewat karena terhimpit di antara jejeran ruko dan hotel. Sebagai penanda, perhatikan letak Makassar Golden Hotel dan Hotel Pantai Gapura.

Nah, pintu masuk dermaga Kayu Bangkoa berada di antaranya, berupa gerbang melengkung dengan tulisan Cafe Dermaga Penyeberangan Kayu Bangkoa.

Camat Sangkarrang Firnandar Sabara.
Camat Sangkarrang Firnandar Sabara.

Anda yang mau menyeberang, puluhan kapal kayu besar dan perahu kecil bersandar silih berganti, siap mengantar.

Saat akhir pekan, suasana menjadi lebih ramai lagi karena para wisatawan yang ingin berlibur ke pulau untuk refreshing.

Umumnya, kapal kayu besar menempuh rute yang lebih jauh seperti Pulau Kodingareng Lompo, Pulau Barrang Caddi dan Pulau Barrang Lompo secara reguler. Kapal kayu ini bersandar sekitar pukul 8 pagi dan siap-siap berlayar kembali di pukul 10 mengangkut penumpang dan barang bawaannya.

Ada juga disediakan perahu motor kecil yang lebih umum disebut jollorok atau pappalimbang, mengantar penduduk dan wisatawan ke pulau Lale-lae yang berjarak kurang lebih 5-10 menit dari dermaga Kayu Bangkoa.

Jollorok dengan kapasitas 10 orang ini juga bisa dicarter untuk mengantar ke pulau-pulau terdekat semacam Pulau Kayangan, Pulau Gusung, Pulau Samalona atau Pulau Kodingareng Keke.

FB_IMG_1495374983976

Biayanya bervariasi tergantung jauhnya pulau dan kelihaian melakukan negosiasi dengan pemilik kapal.

Anda yang ingin menyelam tidak perlu cemas kalau tidak punya alat. Karena sudah terdapat penyewaan peralatan diving dan snorkeling yang cukup lengkap di dalam area dermaga, bahkan jika anda membutuhkan instrukstur selam.

Camat Sangkarrang Firnandar Sabara mengajak wisatawan untuk berkunjung ke pulau di Makassar.

FB_IMG_1495374960285

“Mari ajak keluarga, sahabat ke pulau di Sangkarrang. Selain keindahan potensi wisata bahari juga ada pariwisata budayanya,” seru camat pertama di Kepulauan Sangkarrang yang dilantik akhir tahun 2016 ini.

Firnandar menginformasikan akan ada agenda kegiatan summer camp dan festival budaya yang akan diadakan bulan Agustus 2017 nanti.

“Tentu di kegiatan ini dapat lebih menggali dan memuncul potensi wisata sangkarrang terkhusus Pulau Kodingareng,” tutup Firnandar.

(ads)

Komentar