IYL Kantongi 5 Nama Bakal Calon Wakil Gubernur Pendampingnya di Pilgub Sulsel 2018

0
945
Punggawa, Ichsan Yasin Limpo

PORTALMAKASSAR.COM – Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Ichsan Yasin Limpo ( IYL) kini mulai banyak yang melirik untuk menjadi pendampingnya di Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang.

Dalam kunjungannya dibeberapa daerah dalam rangka pelantikan pengurus dan Ketua PMI tingkat daerah di Sulsel, terlihat beberapa tokoh mulai mendekatinya.

Sebagiamana saat melakukan pelantikan pengurus PMI di Toraja dan Toraja Utara, adik kandung Gubernur Sulsel ini mulai didekati beberapa tokoh bahkan ada yang lintas daerah hanya ingin bertemu Ichsan Yasin Limpo.

Sebut saja tokoh asal Toraja, Mathius Salempang yang merupakan sosok yang digadang-gadang bisa menjadi pendamping IYL.

Tidak hanya itu Bupati Luwu, Andi Mudzakkar juga dikabarkan menjadi pendampingnya, bahkan diketahui jika Andi Cakka sapaan akrab Bupati Luwu tersebut rela datang ke Toraja demi bertemu IYL.

Selain dua tokoh tersebut, mantan bupati Gowa dua periode ini pun lagi-lagi menambahkan tiga nama yang bakal menjadi calon pendampingnya di Pilgub 2018, dialah Datu Luwu, Andi Maradang Makkulau, Bupati Pinrang, Aslam Patonangi dan Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Andi Yagkin Padjalangi.

IYL kini sudah mengklaim lima calon bakal pendampingnya di Pilgub 2018. Kelima tokoh tersebut bagi IYL merupakan sosok penting dan banyak berkontribusi dan mengetahui tentang pemerintahan di Sulsel serta mewakili berbagai daerah.

Kelimanya repsentatif atau tokoh yang sudah mewakili semua kawasan di Sulsel. Begitu pun, mereka semua punya pengalaman matang di pemerintahan,” kata Ichsan YL yang bertagline Punggawa tersebut.

Dikabarkan jika pada bulan Juni 2017 mendatang, kelimanya akan menjalin komunikasi dan memufakatkan siapa yang menjadi pendamping ketua PMI Sulsel tersebut di Pilgub 2018 mendatang.

Berikut data dari bakal calon pendamping Ichsan Yasin Limpo di Pilgub 2018 mendatang;

1. Mathius Salempang (Mantan Kapolda Sulselbar), Tana Toraja, Toraja Utara.
2. Andi Mudzakkar (Bupati Luwu), Kabupaten Luwu.
3. Andi Maradang Makkulau (Datu Luwu ke-40) Luwu Raya.
4. Aslam Patonangi (Bupati Pinrang), Kabupaten Pinrang.
5. Andi Yagkin Padjalangi (DPRD Sulsel, Golkar) Kabupaten Bone.

Punggawa sapaan IYL diketahui memiliki dua politisi Golkar, dialah Andi Cakka dan juga Yagkin Padjalangi. Meski tak mendapatkan tempat dan sudah dipecat sebagai Bendahara di Partai Golkar Sulsel sejak diambil alih oleh Nurdin Halid.

Bagi Ichsan Yasin Limpo masih ada dua tokoh Golkar Sulsel yang nekat untuk menjadi pendampingnya dan serius untuk memenangkan mantan nomor orang 1 di gowa tersebut.

Saat ini IYL masih memiliki jalur Independen untuk maju dan menyiapkan jumlah dukungan foto copy KTP yang telah terkumpul sudah menghampiri angka 1 juta lembar.

Bahkan target pengumpulan fotokopi untuk maju hingga 2 juta fotocopy KTP. Dikarenakan untuk maju ia harus memiliki syarat 7 persen dukungan dari jumlah pemilih atau sekitar 5 ratus ribu. Dan kini dukungan sudah melebihi syarat minimal tersebut.

Akan tetapi peluang lainnya didapatkan IYL dari Parpol yang rencananya akan mengusung dirinya untuk maju diantaranya PAN dan PPP bahkan tidak tertutup kemungkinan beberapa partai lainnya akan ikut berada bersama mendukung Bakal Calon Gubernur Sulsel tersebut. (JUSRI/RED2)

Komentar