Kemenkop UKM Workshop Pengembangan Expert Pool di Makassar

0
142

PORTALMAKASSAR.COM – Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM RI melalui Asdep Penelitian dan Pengkajian KUMKM Deputi Pengembangan SDM menggelar workshop pengembangan expert pool di Makassar, Selasa (30/5).

Kegiatan digelar di Hotel Ibis Styles Makassar, diikuti 30 tenaga ahli (expert) baik dari praktisi, akademisi maupun widyaswara.

Asdep Penelitian dan pengkajian KUMKM, Christina Agustin mengatakan, terwujudnya jaringan (networking) para tenaga ahli dalam expert pool adalah sebuah kebutuhan yag tidak dapat ditawar, karena peningkatan kreativitas, kapabilitas inovasi bagi KUMKM dapat dilakukan melalui kerjasama akademisi, pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat sipil.

Ketua Panitia, Abdul Azis Bennu mengatakan, workshop pengembangan expert pool bertujuan untuk mensosialisasikan cara penggunaan system informasi database expert pool, juga memperoleh masukan tenaga ahli untukpenyempurnaan system dan update database.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim berharap pengembangan expert pool dapat menghimpun segenap potensi para tenaga ahli (expert) di Sulsel dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

“Hasil sensus ekonomi tahun 2016 BPS di Sulsel, jumlah pelaku UMKM di Sulsel meningkat cukup drastis dari 723 ribu menjadi 923 ribu tahun 2016. Pemprov Sulsel berhasil meningkatkan pelaku UMKM melalui program penciptaan wirausaha baru di Sulsel sejak tahun 2014. Untuk pengembangan koperasi telah terbit Pergub No 10 tahun 201 tentang koperas inti dan koperasi unggul, ” tambahnya.

Para expert bidang koperasi dan UMKM diharapkan berperan dalam pendampingan pelaku usaha KUMKM dalam pengembangan usahanya, pengembangan kapasitas SDM, sistem produksi, kualitas produk yang kreatif dan inovatif, urainya.

Penulis: Bahrul Ulum Ilham
(Konsultan PLUT KUMKM Sulsel
Melaporkan dari Makassar)

Komentar