Trump: Salam Hangat Kami Untuk Umat Muslim Yang Merayakan Idul Fitri

Trump: Salam Hangat Kami Untuk Umat Muslim Yang Merayakan Idul Fitri

137
Trump dan Istri. Foto/CBS

PORTALMAKASSAR.COM – Hari Raya Idul Fitri menjadi perhatian juga oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang turut menyampaikan ucapan selamat Lebaran bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Ucapan ini dilontarkan Trump usai pemerintahnya melanggar tradisi dengan menggelar buka puasa bersama di Gedung Putih selama bulan suci ini.

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, Melania dan saya (Trump) mengirimkan salam hangat kami pada umat Islam yang merayakan Idul Fitri,” tutur Trump dalam sebuah pernyataan.

“Selama ini kita diingatkan akan pentingnya belas kasih, kasih sayang dan niat baik,” imbuhnya, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (25/6).

Trump menambahkan Amerika Serikat akan memperbarui komitmen menghormati nilai ke-Islam-an di negaranya.

“Dengan umat Islam di seluruh dunia, Amerika Serikat akan memperbarui komitmen kami untuk menghormati para Muslim dan nilai-nilai mereka,” sambung Trump.

Tahun ini, Gedung Putih tidak menyelenggarakan sebuah acara untuk memperingati Idul Fitri. Padahal acara itu sudah menjadi tradisi sejak pemerintahan Bill Clinton.

Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dilaporkan menolak permintaan dari kantor departemen agama dan urusan global membuat acara tersebut. Akibatnya, Trump mendapat kecaman.

Kecaman tak hanya berasal dari tak dilakukannya tradisi saja, namun juga kepada pemikiran pengusaha New York tersebut pada saat kampanye. Saat jadi Presiden, Trump menyerukan kebijakan mengawasi masjid-masjid AS dan larangan terang-terangan terhadap Muslim yang akan masuk negaranya.

Akibat kebijakannya tersebut, kekacauan terjadi di bandara-bandara AS dan hal ini tentu saja memicu kemarahan global.

Namun, sikap Trump pada Muslim mulai melunak saat berkunjung ke Arab Saudi bulan lalu. Saat itu dia bertemu Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan banyak berbincang dengannya.

(Sumber: Merdeka)

Komentar