Datu Luwu Anggap IYL Lebih dari Sahabat

Datu Luwu Anggap IYL Lebih dari Sahabat

89
IYL dan datu Luwu
Datu Luwu,Andi Maradang Maklumat bersama Ichsan Yasin Limpo (IYL) -ist

PORTALLUWU.COM — Ichsan Yasin Limpo (IYL) memang belum menentukan siapa pasangannya di Pilgub Sulsel. Namun, siapa figur yang bakal menjadi calon wakil gubernur, nampaknya siap diterima oleh beberapa figur yang masuk bursa, apapun keputusannya.

Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau, misalnya, mengaku tidak ngotot maju mendampingi IYL. Ia menyerahkan sepenuhnya ke Punggawa, sebutan yang dilekatkan ke Ichsan.

Baginya, secara pribadi ia memiliki kedekatan pribadi dengan IYL yang sulit untuk dipisahkan. Sehingga meski tidak menjadi pendamping IYL, komitmen dirinya tak perlu diragukan.

Pak IYL itu bukan hanya sekadar sahabat. Tapi juga saudara bagi saya yang sangat saya hormati. Dan itu tak perlu diragukan,” kata Andi Maradang kepada wartawan, saat ditanya mengenai pendamping IYL, Kamis (29/06/17).

Sekadar diketahui, pendamping IYL disebut-sebut akan ditetapkan paling lambat Agustus 2018 mendatang setelah survei kualitatif dan kuantitatif yang rencananya digelar bulan depan, khususnya di Tana Luwu.

Ada lima figur yang masuk bursa bakal calon wakil gubernur. Masing-masing Andi Maradang, Mathius Salempang, Andi Yagkin Padjalangi, Rusdi Masse (RMS), serta Andi Mudzakkar (Cakka).

Dari lima nama itu, empat diantaranya sudah melakukan pertemuan di Jakarta yang bersepakat merekomendasikan ada survei kuantitatif terlebih dahulu sebelum Punggawa menentukan siapa figur yang paling pas dari lima nama di atas.

Beredar kabar, dari lima nama tersebut, peluang cawagub kini terfokus pada Rusdi Masse (RMS) dan Cakka. Bahkan nama keduanya sempat menghangat kala pertemuan bakal cawagub yang dikerucutkan IYL di Jakarta.

Meski mengerucut kedua nama, namun baik RMS maupun Cakka justru tetap menunjukkan keharmonisan. Tidak ada kesan rivalitas diantara keduanya, apalagi saling menjatuhkan. Dibeberapa momentum saat keduanya bertemu, justru saling support.

Terakhir kala bertemu di Open House di rumah jabatan Pangdam TNI Hasanuddin di Makassar belum lama ini. Saat itu, Cakka dan RMS menunjukkan kemesraannya, sembari berfoto bersama.

Juru Bicara IYL, Rezky Fatmala Passalo menuturkan, survei kuantitatif yang dilakukan lembaga profesional sebagai tanda jika Ichsan tidak ingin secara sepihak menentukan sendiri pendampingnya.

Bagi dia, hasil survei tersebut akan memberi gambaran sekaligus memotret respon pemilih tentang plus-minus para bakal cawagub, terutama untuk mengetahui sejauh mana irisan suara jika Cakka dan Aziz Qahhar Mudzakkar maju berlawanan. (RIL)

Komentar