Kaswadi Razak Resmikan Deklarasi “Kalong Kesorga”

Kaswadi Razak Resmikan Deklarasi “Kalong Kesorga”

114
Kaswadi Razak Resmikan Deklarasi
Kaswadi Razak Resmikan Deklarasi " KALONG KESORGA "

PORTALSOPPENG.COM – Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE menghadiri sekaligus meresmikan Deklarasi “KALONG KESORGA” (Kota Latemmamala Tonggak Kesehatan Olahraga) Kabupaten Soppeng dengan tema “Bergerak Bersama Menuju Soppeng Yang Lebih Sehat” yang dilaksanakan di Lapangan Gasis jl.Keasatria Watansoppeng, Jumat (14 /07/2017).

Ketua panitia Kalong Kesorga, Asriadi, SKep.,Ns, menyampaikan tujuan Deklarasi”Kalong Kesorga” (Kota Latemmamala Tonggak Kesehatan Olahraga) yakni diantaranya meningkatkan kepedulian setiap elemen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif sehingga sadar akan pentingnya membudayakan aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari.

Meneguhkan komitmen serta koordinasi antar elemen masyrakat dalam pembudayaan aktifitas fisik sebagai unsur penting dalam menjaga kebugaran dan produktifitas.” ujar Asriadi.

Sementara itu, Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan secara nasional saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni beban ganda masalah kesehatan, karena masih adanya penyakit infeksi , meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) dan penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

Pada era 1990 penyakit menular seperti Ispa, TBC, dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan menjadi kesehatan, namun perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadi pergeseran pola penyakit (Transisi Epidemiologi) pada tahun 2015, PTM seperti Stroke , Penyakit Jantung Koroner(PJK), Kanker dan Diabetes justru menduduki peringkat tertinggi.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan menginisiasi gerakan berbasis masyarakat yang dinamakan Kalong Kesorga” jelas kaswadi.

Bupati mengharapkan gerakan masyarakat hidup sehat difokuskan pada kegiatan yaitu ; Melakukan aktifitas fisik, mengomsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara rutin.

Turut hadir dalam Deklarasi Kalong Kesorga ,Kapolres Soppeng, AKBP Indra Lutrianto Amstono, Kepala Balai BKOM, dr.Ampera.S.Ked.MH dan peserta yang terdiri dari para Unsur SKPD, Camat, Organisasi Profesi, Puskesmas, Kader Kesehatan dan Elemen Masyarakat lainnya. (HUMS/RED2)

Komentar