413 Jamaah Calon Haji di Lepas Bupati Bulukumba

0
80
jamaah haji bulukumba
413 Jamaah Calon Haji Bulukumba 2017 di Lepas Bupati Bulukumba

PORTALBULUKUMBA.COM – Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali melepas secara resmi jamaah calon haji Bulukumba. Jumlah jamaah calon haji Kabupaten Bulukumba yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah sebanyak 413 orang yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Makassar. Rencananya 413 jamaah ini akan meninggalkan Bulukumba pada 1 Agustus 2017.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Bulukumba Muh. Rasbi mengatakan jamaah Kabupaten Bulukumba menempati kloter awal oleh karena pengurusan administrasi jamaah calon haji Bulukumba bisa lebih cepat diselesaikan. Oleh karena itu pada konteks ini, Rasbi menyebut para jamaah haji itu tidak berangkat haji, namun ia diberangkatkan haji. Artinya para jamaah calon haji harus mengikuti sistem dan mekanisme yang telah ditetapkan, tidak bisa bertindak seenaknya dan harus mengikuti aturan.

Sementara itu, AM. Sukri Sappewali mengatakan, dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih optimal, maka saat ini Pemerintah Daerah bersama DPRD tengah melakukan pembahasan terkait revisi Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Jamaah Haji, sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Upaya ini penting sehingga Jamaah Haji dapat merasakan peran yang maksimal dari pemerintah dalam mewujudkan pelayanan haji yang lebih baik dari waktu ke waktu” kata AM Sukri Sappewali saat sambutan melepas jamaah calon haji Bulukumba di Masjid Agung Bulukumba, Senin (24/717)

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika pelepasan itu merupakan salah satu tahapan penting yang menandai proses pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Bulukumba untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

Selaku pemerintah daerah, tambah AM. Sukri, pihaknya berkewajiban untuk memberikan arahan, bimbingan dan fasilitasi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Bulukumba yang akan menunaikan ibadah haji, sehingga seluruh proses dan rangkaian pelaksanaaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Kita patut bersyukur, oleh karena Kabupaten Bulukumba termasuk daerah yang masyarakatnya memiliki animo yang sangat tinggi dalam menunaikan ibadah haji, terbukti tingginya daftar tunggu yang ada dalam Siskohat Kementerian Agama” pinta purnawirawan TNI pangkat kolonel ini.

Sesuai data dari Kementerian Agama Bulukumba, jumlah daftar tunggu jamaah haji per Juli 2017 sebanyak 10.473 orang.

Pelepasan jamaah calon haji tersebut ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali kepada Ketua Kloter 7, Kaimuddin S.Ag yang juga merupakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kindang. (RED2)

Komentar