Pertemuan ‘Koalisi’ Prabowo dan SBY Berlanjut di Pilgub Sulsel? Begini Analisa Arqam Azikin

0
426
Arqam Azikin

PORTALMAKASSAR.COM – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Kamis (27/7/2017) malam.

Pertemuan tertutup dua ketua umum partai politik non pemerintah ini memungkinkan lahirnya kesepakatan terkait pemilihan kepala daerah di beberapa provinsi termasuk Sulawesi Selatan. Mengingat Pilgub 2018 akan menjadi target partai politik untuk memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Terlebih akhir-akhir ini muncul isu koalisi nasional yang akan menjadi penentu koalisi partai politik dalam mengusung pasangan Bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2018 mendatang.

Jika kedua partai ini berkoalisi di Sulsel, maka duet yang paling memungkinkan adalah Agus Arifin Nu’mang yang merupakan kader Gerindra dipasangkan dengan Aliyah Mustika Ilham yang merupakan kader Demokrat.

Kemungkinan Demokrat-Gerindra untuk berkoalisi sangat besar. Koalisi kedua partai ini cukup untuk mengusung pasangan calon di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, dengan total 22 kursi di DPRD Sulsel.

Selain itu ada Bro Rivai bisa menjadi pilihan kedua partai tersebut, mengingat Bro Rivai juga memiliki latar belakang militer seperti Prabowo dan SBY. Terlebih, Bro Rivai selama ini memang mengakui berkomunikasi intens dengan kedua tokoh nasional itu.

Menaggapi hal tersebut, Analis Politik Arqam Azikin mengatakan bahwa kemungkinan Demokrat-Gerindra tidak akan mengambil keputusan politik dalam satu bulan kedepan apabila posisi trendnya dalam survey belum bergerak naik.

“Bila mau mempaketkan biasanya kedua partai besar ini akan mencermati lewat trend kedua figur. Bila posisi surveynya cenderung naik sangat terbuka DPP untuk mengkoalisikan partainya di Pilgub,” jelas Arqam, Kamis (27/7/2017)

Menurut Arqam, hasil akhir paket calon Gubernur dari Gerindra dan Demokrat masih memerlukan proses politik seleksi di internal partainya. Untuk mendapatkan usungan di pilgub masih terbuka bagi figur yang mengikuti proses pendaftaran di Gerindra dan Demokrat, misalnya, Agus Arifin Nu’mang, Ichsan Yasin Limpo, Aliyah Mustika Ilham, Rivai Ras, Nurdin Halid, Nurdin Abdullah dan tokoh lainnya.

“Kalau pun kedua partai berkoalisi di Pilgub Sulsel. Patokannya trend survey calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur,” pungkasnya.

Diketahui, Agus dan Bro Rivai sama-sama telah mendaftar ke Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Bro Rivai diwakili tim pemenangannya, Senin (24/7/2017). Sedangkan Agus dan Aliyah diwakili putranya mengambil formulir di Partai Demokrat kemarin (26/7/2017).
(HND/LPT)

Komentar