Sekjend Asosiasi Penpro: Gagasan Membangun Kampung oleh NH adalah Gagasan Besar

0
132
Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro) Pusat, Bachtiar Adnan Kusuma. Ist

PORTALMAKASSAR.COM – Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro) Pusat yang juga Ketua Harian ECC (E-Care Community) Makassar, Bachtiar Adnan Kusuma, menilai seruan dan ajakan Nurdin Halid (NH) membangun kampung adalah sarana pembaktian diri yang total terutama membangun Indonesia yang dimulai dari kampung-kampung.

Gagasan membangun kampung terutama memperkuat sumber daya manusia (SDM), persis apa yang diperjuangkan John Wood, mantan Eksekutif Microsoft Area Asia Pasifik yang rela meninggalkan jabatan, fasilitas gaji yang besar dan fasilitas lainnya demi kembali ke kampung-kampung membangun peradaban dengan menyediakan buku-buku dan perpustakaan di kampung terpencil yang disebut Room to Read di Nepal pengunungan Himalaya.

Sebuah gagasan tentang ruang baca yang dirintis John Wood akhirnya telah mengubah dunia yang senyap menjadi hingar bingar pengetahuan.

“Demikian pula apa yang saya tangkap dari penyampaian visi dan misi Nurdin Halid membangun kampung adalah gagasan besar untuk membangun Sulsel yang lebih baik. Tak semua orang yang telah berhasil di rantau, mau kembali pulang kampung lalu ingin membangunnya,” kata dia, Jumatv(28/7).

Karena itu, tak ada bangsa yang bisa besar tanpa dimulai dari hal-hal kecil. Nah dengan membangun kampung tak sekadar fisiknya, tapi yang lebih penting lagi adalah membangun sumber daya manusia itulah yang paling pokok.

Menurut, Ketua LPM Makassar ini, pendidikan sangat penting menjadi cetrun perhatian NH. Karena hanya dengan pendidikan yang baik di kampung-kampung Sulsel bisa menjadi besar.

Apalagi menggagas sarjana pulang kampung membangun, maka kampung-kampung yang masih tertinggal dari kota-kota besar di Sulsel bisa menjadi miniatur peradaban kedepan di Sulsel.

Di setiap kampung mestinya tersedia sarana perpustakaan kampung yang bisa menjadi ruang baca bagi masyarakat terutama mengejar ketertinggalan orang kampung dari orang kota selama ini.

“Gagasan membangun kampung adalah gagasan besar yang perlu mendapat dukungan dari semua pihak,” kata penulis ratusan buku tokoh-tokoh nasional dan lokal ini.

(RIL)

Komentar