Mahasiswa FKM UMI Ikut Aksi Kemanusiaan HBC Ballata Makassar

0
77
FKM UMI
Mahasiswa FKM UMI Ikut Aksi Kemanusiaan HBC Ballata Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ikut Program Adiksi Berbasis Masyarakat (PABM) dari Home Basecare (HBC) Ballata Makassar.

Hal ini diungkapkan mahasiswa magang FKM UMI, Lilis Dayanti didampingi temannya Rahma, Musfikayana, Sutrianingsih Hasnik, dan Anggun Akrianti Putri di Kantor KPA Sulsel, Sabtu (29/07/2017).

Program ini terlihat menunjukkan hasil maksimal di lapangan. Pasalnya, para mantan pecandu diberikan keaktifan untuk melakukan aksi kemanusian dalam bentuk sosialisasi narkoba dan HIV AIDS ditingkat pelajar dibeberapa sekolah SMP dan SMA di Kota Makassar.

Mereka juga aktif dilibatkan dalam berbagai riset penelitian, bahkan ikut langsung dalam pengambilan sampel berbagai survei perilaku,” ucapnya.

Lilis Dayanti mengatakan, dirinya dan teman-temannya akan ikut peduli dan mendukung kegiatan HBC Ballata. Sebagai tindak lanjut, mereka akan mendarmakan ilmu mereka dibangku perkuliahan.

Rencananya kita akan membuat project proposal untuk kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan perusahan ternama di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, kami juga akan melakukan seminar kesehatan untuk mengangkat issue stigma dan diskriminasi di kalangan pecandu narkoba suntik di Kota Makassar,” tambahnya.

Direktur HBC Ballata Makassar, Farid Satria menjelaskan, program yang telah dijalani saat ini mampu menyasar pecandu remaja di Kota Makassar.

Tingginya trend penggunaan narkoba di Kota Daeng, mengutuk hati pemuda ini untuk memecahkan masalah darurat narkoba di Indonesia.

Kata dia, PABM yang dijalankan setahun lebih ini telah memberikan dampak berarti dikalangan pecandu yang ingin keluar dari masalah narkotik dan zat adiktif lainnya.

Program rehabilitasi berbasis masyarakat dengan pendekatan komunitas bagi para mantan pecandu untuk lebih dekat dengan lingkungan disekelilingnya tanpa kunkungan. Mereka menyatu dan berbaur dengan masyarakat umum, ” ujarnya ( FKM UMI )

Komentar