FKM UMI Gelar Pelatihan Keselamatan Kerja di Pangkep

FKM UMI Gelar Pelatihan Keselamatan Kerja di Pangkep

101
FKM UMI
FKM UMI Gelar Pelatihan Keselamatan Kerja di Pangkep

PORTALPANGKEP.COM – Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja bagi kelompok petani rumput laut dan pekerja kepiting di wilayah pesisir Maccini Baji Kabupaten Pangkep.

Ketua Tim Pengabdian pada Masyarakat, Tutik Agus mengatakan, Diklat ini merupakan implementasi dari program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) yang didanai Kemenristekdikti dan telah disosialisasikan kepada pemerintah serta masyarakat pesisir sebelumnya.

Ini adalah implementasi dari program IbM yang kita khususkan kepada kelompok petani rumput laut dan pekerja kepiting,” ucapnya saat dikonfirmasi via Whatsapp, Selasa (1/08/2017).

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan Yusriani, SKM, M.Kes yang membahas tentang perasonal hygiene untuk mencegah penyakit kulit dan simulasi cara cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan baik dan benar.

Selain itu ada Ikhram Hardi, SKM, M.Kes membahas tentang pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dan cara penggunaannya dengan baik dan benar disertai dengan pembagian APD dan simulasi cara penggunaan APD.

Sementara Tutik Agustini, S.Kep, Ns, M.Kep membahas tentang bahaya penyakit kulit, serta demonstrasi cara perawatan penyakit kulit. Sedang Abd. Gafur, SKM, M.Kes membahas tentang cara pengolahan air laut menjadi air tawar.

Kegiatan ini juga kita melibatkan partisipasi aktif mahasiswa peminatan promosi kesehatan prodi Kesmas FKM UMI angkatan 2014,” tutupnya.(FKM/RED2)

Komentar