Bupati dan Wabup Toraja Utara Sambut Rombongan PKM UKI Jakarta

Bupati dan Wabup Toraja Utara Sambut Rombongan PKM UKI Jakarta

80
rombongan uki jakarta
Bupati Toraja Utara Drs. Kalatiku Paembonan.M.Si, bersama Wakil Bupati Toraja Utara Rinto Yosia Kadang, menerima/menyambut kedatangan dari rombongan PKM UKI Jakarta

PORTALTORUT.COM – Bupati Toraja Utara Drs. Kalatiku Paembonan.M.Si, bersama Wakil Bupati Toraja Utara Rinto Yosia Kadang, menerima/menyambut kedatangan dari rombongan PKM UKI Jakarta.

Kunjungan rombongan PKM UKI Jakarta ini, merupakan kunjungan silahturahmi yang selalu di lakukan oleh mereka.Dalam kunjungan ini, rombongan UKI Jakarta,mengunjungi sekaligus mensurvei lokasi-lokasi wisata yang ada di Toraja Utara, seperti objek wisata Ke’te Kesu’ ,objek wisata Londa, Bori’ Kalimbuang, serta pasar hewan bolu.

Linda Sumilat, selaku ketua PKK Kab Toraja Utara yang juga merupakan alumnus dari UKI Jakarta, menjadi mediator yang memvasilitasi kunjungan PKM UKI Jakarta ke Toraja Utara.

Saat di wawancarai, Linda Sumilat, mengatakan,”kunjungan-kunjungan seperti ini,bukan hanya merupakan kegiatan bulanan atau tahunan saja, tetapi ini sudah menjadi kegiatan rutinitas dari kami sebagai alumni UKI Jakarta. Kami terdiri dari Dosen/Pejabat Tinggi, profesor, Doktor, Arsitek,ingin berbagi kepada masyarakat apa yang kami dapat atau pelajari di UKI, semua itu akan kami sampaikan setelah selesai melakukan peninjauan-peninjauan ke lokasi-lokasi pariwisata.Kami bukan hanya sekedar melakukan perjalan saja, tetapi kami juga meninjau & mempelajari apa-apa yang bisa kami sampaikan & bagikan untuk masyarakat”

Sementara itu dalam wawancara singkat, Robert Panjaitan. SE. M.M,mengatakan bahwa,
Toraja merupakan kota pariwisata yang Indah.jika berbicara pariwisata, maka kita berbicara seumur hidup, maka sangat penting kita memperhatikan semua aspek yang menunjang untuk menjadikan kota ini sebagai kota pariwisata seutuhnya. Seperti, akses yang harus di perbaiki,Saluran air, serta kapasitas jalan yang bisa di lalui oleh kendaraan. Edukasi itu adalah yang paling utama. Perubahan pola pikir dari setiap masyarakat yang ada sangat menunjang kota ini menjadi kota pariwisata. Karena daya tarik kota pariwisata itu, mencakup, masyarakat, pelayanan, akses, serta promosi. “

Di sela-sela silahturahmi, Bupati Toraja Utara, saat menerima kedatangan rombongan UKI Jakarta,menyampaikan bahwa, “ seluruh rantai ekonomi ini di peruntukkan oleh rakyat. Objek pariwisata di Torut yang terus menarik wisatawan, penghasilannya berdampak positif bagi masyarakat.Toraja merupakan kota pariwisata ke 3 di Indonesia, setelah Bali & Toba. Untuk itulah, kunjungan yang di lakukan oleh PKM UKI Jakarta ini, sangat berdampak bagi kami pemda,& khususnya masyarakat. Kunjungan seperti ini juga merupakan salah satu pintu untuk memperkenalkan Toraja di luar sana, dimana Toraja merupakan Kota Pariwisata.

Pemerintah Daerah, yang di wakili oleh asisten bidang pemerintahan yang juga PLH Sekda, Drs. Rede Roni Bare, M. Pd, kabag umum Stevi, serta sekretaris dinas pariwisata Jeni Sakka.mendampingi rombongan ini pada setiap kunjungannya ke tempat-tempat wisata.(Swita Turalaki/RED2)

Komentar