Rayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 72, Masyarakat Lebo Kohala Gelar Malam Ramah-Tamah

Rayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 72, Masyarakat Lebo Kohala Gelar Malam Ramah-Tamah

98
malam ramah-tamah
malam ramah-tamah Peringatan HUT RI ke 72 di Kampung Lebo Kohala yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Lebo Kohala pada hari Sabtu, (19/08) malam

PORTALSELAYAR.COM -Malam ramah-tamah dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia ke 72 membahana dari kampung Lebo Kohala, Desa Kohala, Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

Sejumlah rangkaian kegiatan mengisi kemeriahan malam ramah-tamah Peringatan HUT RI ke 72 di Kampung Lebo Kohala yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Lebo Kohala pada hari Sabtu, (19/08) malam.

Rangkaian malam tamah dibuka oleh penampilan group qasidah dari kelompok dasawisma kampung Lebo Kohala yang disusul dengan penampilan group qasidah SDN Kohala. Pengumuman dan penilaian hasil lomba mengisi rangkaian acara ketiga malam ramah-tamah dalam rangka Peringatan HUT RI ke 72 yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat kampung Lebo Kohala.

Hadir dalam rangkaian acara malam ramah-tamah di Kampung Lebo Kohala, putra DR. H. Zainuddin,SH,MH (Wakil Bupati Kepulauan Selayar), Kepala Desa Kohala, Abd. Rahman, S.Sos didampingi Ketua BPD, Muh. Ramli bersama anggota BPD, Nasruddin, dan Baso Daeng, Kepala Sekolah SDN Kohala, Burhan, S.Pd, Kepala Dusun Kohala, Abd. Rahman, Imam Desa Kohala, Hasanuddin, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh alim ulama dari kabupaten.

Apresiasi dan penghargaan disampaikan Kepala Desa Kohala, Abd. Rahman, S.Sos atas terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan seremonial dalam rangka untuk mengisi peringatan detik-detik HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 sebagai bentuk warisan nenek moyang dan para pejuang kemerdekaan yang telah bersusah payah merebut kemerdekaan dengan mengorbankan cucuran darah dan nyawa.

Nikmat kemerdekaan yang telah dirasakan oleh bangsa Indonesia selama kurang lebih tujuh puluh dua tahun dirasakan terlalu singkat dibandingkan dengan masa penjajahan yang berlangsung selama empat setengah abad atau kurang lebih empat ratus lima puluh tahun.

Hal ini dilontarkan Kepala Desa Kohala, Abd. Rahman, S.Sos saat menyampaikan sambutan pada rangkaian acara ramah-tamah di Kampung Lebo Kohala. Dalam kaitan itu pula, dia menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan akbar bertema Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia ke 72 sebagai wujud penghargaan masyarakat kampung Lebo Kohala terhadap pengorbanan para pejuang kemerdekaan masa lalu.

Apresiasi dan acungan jempol disampaikan jajaran aparat Pemerintah Desa Kohala terhadap seluruh komponen masyarakat dan pihak-pihak terkait yang telah menginisiasi terlaksananya berbagai rangkaian kegiatan seremonial dalam rangka peringatan Hut Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke 72.

Hal ini merupakan sejarah pertama yang dirilis oleh masyarakat Kampung Lebo Kohala sepanjang sejarah perjalanan pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar. Dia hampir bisa memastikan,  kampung Lebo Kohala merupakan satu-satunya perkampungan di wilayah kecamatan Buki yang berhasil melaksanakan berbagai jenis kegiatan sebagai rangkaian tak terpisahkan  dari peringatan detik-detik Hut Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72.

Betapa tidak, saat desa-desa lain mengfokuskan perhatiannya terhadap penyelenggaraan kegiatan di tingkat kecamatan, masyarakat kampung Lebo Kohala tampil beda menjadi tuan rumah pelaksana kegiatan lomba seni dan olahraga yang ditutup dengan penyelenggaraan malam ramah-tamah.

Inisiasi dan ide cemerlang masyarakat kampung Lebo Kohala diharapkan akan mampu ‘melahirkan’ motivasi dan inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Kepulauan Selayar. Agenda acara yang lebih besar untuk skop desa akan didesign dan dipersiapkan secara matang dan terstruktur oleh aparat Pemerintah Desa Kohala pada momentum peringatan HUT RI ke 73 tahun depan.

Komitmen ini disampaikan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi pemdes terhadap inisiasi cerdas masyarakat kampung Lebo Kohala dalam mengisi rangkaian kegiatan peringatan Hut RI tahun 2017, pungkasnya  mengakhiri rangkaian sambutan pada acara malam ramah-tamah yang turut dihadiri oleh Kepala Bidang Sarana-Prasarana Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ahmad Natser, SP yang datang bersama dengan mantan Kepala SD Centre Benteng, H. Asmawi, S.Pd.

 Acara malam ramah-tamah diakhiri dengan pertandingan domino putra-putri dan acara hiburan di bawah iringan music Dillah Electone.

Citizen ; fadly syarif

Komentar