Sosialisasi TP4D Luwu, Cakka Ingatkan Kepala Desa Jauhi Korupsi

Sosialisasi TP4D Luwu, Cakka Ingatkan Kepala Desa Jauhi Korupsi

94
Andi Mudzakkar
Sosialisasi TP4D, Bupati Luwu Andi Mudzakkar ingatkan Kades jauhi Korupsi

PORTALLUWU.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu dan Kejaksaan Negeri (Kejari) menggelar sosialisasi pengelolaan dana desa, serta Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) kepada seluruh kepala desa se-Kabupaten Luwu.

Kegiatan yang berlangsung di ruang pola kantor bupati, Kamis (24/08/17), Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka) mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar menghindari penyalahgunaan dan korupsi.

Saya ingatkan kepada seluruh kepala desa untuk mengikuti dan mendengarkan secara keseluruhan sosialisasi secara serentak se Indonesia. Sehingga tidak terjerumus kepada hal yang tidak kita inginkan,” pekan Cakka.

Cakka yang di Pilgub Sulsel 2018 maju mendampingi Ichsan Yasin Limpo, menambahkan, sosialisasi seperti ini sekaligus bentuk kecintaan pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan kepada pemerintah desa, agar terhindar dari penyalahgunaan.

Jadi kepala desa harus mampu, harus cerdas melakukan perencanaan, melakukan pelaksanaan, melakukan pengawasan sekaligus pertanggungjawaban dana yang dikelola,” jelas Andi Cakka.

Cakka juga menegaskan agar memperhatikan laporan triwulan, agar setiap pencairan triwulan laporan yang masuk 70 persen. Jika tidak, maka dan selanjutnya tidak akan cair. Bukan hanya untuk satu desa, tapi ke semua desa.

Ada dua kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Bone dan Kabupaten Luwu yang sering mendapat perhatian BPK. Kenapa daerah ini, karena daerah ini yang paling besar mendapat dana bantuan dana desa tahun 2016 dan tahun 2017,” tandasnya.

Sementara Kajari Luwu, Gede Edy Bujanayasa, meminta kepada seluruh kepala desa untuk bekerjasama dalam hal memperhatikan aturan. “Saya juga tidak mau kalau ada yang ditangkap karena korupsi dana desa, tapi ini adalah tugas saya juga (melakukan pencegahan),” kata Gede Edy.

Sekadar diketahui, sosialisasi ini selain
dihadiri Bupati Luwu Andi Mudzakkar dan Kajari, juga hadir Wakil Bupati Amru Saher,m, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Maslim, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPMD) Rahimullah, para camat dan kepala desa se-Kabupaten Luwu. (ril)

Komentar