Penuhi Janji Hadiri HUT Toraja, Ini Harapan Cakka

Penuhi Janji Hadiri HUT Toraja, Ini Harapan Cakka

83
Andi Mudzakkar
Bupati Luwu Andi Mudzakkar, menepati janjinya untuk hadir di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke-60, Kamis (31/8/2017) siang

MAKALE, PORTALMAKASSAR.COM – Bupati Luwu Andi Mudzakkar, menepati janjinya untuk hadir di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke-60, Kamis (31/8/2017) siang.

Cakka, sapaan akrab pasangan Ichsan Yasin Limpo (IYL) di Pilgub Sulsel 2018 mendatang ini, sehari sebelumnya juga menghadiri HUT ke-9 Toraja Utara yang digelar di Rantepao.

Perayaan HUT Tana Toraja ke-60 digelar di Puncak Buntu Burake, di bawah Patung Yesus. Kehadiran Cakka di HUT Tana Toraja, kian menguatkan jiwa pluralisme yang dimiliki bupati tanpa sekat dengan masyarakat itu. Apalagi, kedekatan Cakka dan Toraja sudah tak diragukan.

Saya sangat senang bisa hadir di HUT Tana Toraja kali ini. Saya berharap, di usianya yang ke 60 ini, Tana Toraja kian maju dan masyarakatnya sejahtera,” katanya, sesaat sebelum mengikuti tahapan acara.

Berdasarkan pantauan, Cakka duduk berderetan dengan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan. Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL juga hadir memenuhi undangan Pemkab Tana Toraja.

Seperti kemarin, Cakka juga hadir dengan identitas ala Toraja. Seperti ikat kepala ala adat Toraja. Gaya Cakka ini pun sempat membuat kesan mendalam bagi warga yang hadir di HUT Toraja Utara, kemarin.

Beda memang ini Pak Cakka. Bisa diterima masyarakat di Toraja,” kata salah seorang warga, Alfian, usai berfoto bersama Cakka.

Hubungan Cakka dengan masyarakat Toraja memang dikenal dekat. Selain tergolong bertetangga, Cakka di berbagai kesempatan selalu melakukan pertemuan dengan komunitas warga Toraja, termasuk menjaga keberagamaan antar etnis di daerahnya.

Bahkan, saat Cakka diumumkan sebagai pasangan Ichsan Yasin Limpo, akhir Juli lalu, sejumlah tokoh masyarakat Tana Toraja secara khusus ikut mendampingi Cakka ke Makassar, sekaligus mempertegas sikap dukungannya ke pasangan yang menggunakan tagline “Punggawa Macakka” ini.

Kebersamaan ini harus tetap terjaga. Saling menghargai, menghormati adalah kunci harmonisnya hubungan antar suku dan umat beragama,” kunci Cakka . (ril/red2)

Komentar