Makassar dan Afganistan Jajaki Kerjasama Bilateral

Makassar dan Afganistan Jajaki Kerjasama Bilateral

101
dok. humas

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Wali Kota, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto bersama duta besar Afganistan menggelar pertemuan bilateral dua negara di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota.

Pertemuan bilateral ini merupakan rangkaian pelaksanaan event internasional MakassarInternasional Eight Festival and Forum (F8). Afganistan melalui duta besarnya, Roya Rahmani sepakat akan menjajaki kerjasama.

Selain Afganistan, Pemkot Makassar telah mengagendakan pertemuan bilateral bersama beberapa negara lainnya yang diwakili masing-masing duta besar.

Diantaranya, Selandia Baru oleh Trevor Matheson, Taiwan oleh John C Chen, Gerogia diwakili duta besar Zurab Alekside, Thailand oleh Pitchayapant Chambhumidol, kemudian Perancis diwakili oleh Jean Charles Berthonet.

Kepala Sub Bagian Kerjasama Antar Daerah/Lembaga BagianPerekonomian dan Kerjasama Sekretariat Kota Makassar, Najiran Syamsuddin mengatakan, pertemuan beberapa negara bertujuan untuk menjajaki kerjasama disejumlah bidang.

Seperti yang berlangsung bersama Afganistan, Makassar sepakat untuk menjajaki kerjasama di bidang perdagangan. “Usai pertemuan dengan duta besar Afganistan tadi direncanakan bilateral bersama Taiwan, namun perwakilan (duta besar) nya dalam kondisi sakit, sehingga pertemuannya tidak jadi,” kata Najiran.

Sementara penjajakan kerjasama dengan beberapa negara lainnya akan diketahui saat pertemuan berlangsung sesuai dengan rencana agenda yang telah ditetapkan hingga Sabtu (9/10) pekan ini.

Sebagai bentuk tindak lanjut penjajakan bersama Afganistan akan lebih serius lagi dibahas secara spesifik tentang tujuan kerjasama.

“Pertemuan bilateral ini berbeda dengan perjanjian kerjasama lintas kota yang juga telah diagendakan dengan kota-kota dari luar negeri (sister city) selama F8  berlangsung,” terang Najiran.

Dia menambahkan sesuai dengan agendanya, pertemuan bilateral selanjutnya tetap berlangsung di rumah jabatan wali kota.

Pertemuan bersama Selandia Baru berlangsung hari ini pada pukul 08.00 wita kemudian dilanjutkan pertemuan bersama duta besar Taiwan pukul 09.30 wita.

Selanjutnya Kamis (7/9) pertemuan akan berlangsung dengan duta besar Georgia dan Thailand, lalu Jumat (8/9) bersama dengan Perancis. (ril/red3)

Komentar