Pemuda Toraja: Jayadi Nas Jangan Kapao-Pao

0
424
Jayadi Nas. Fb

MAKALE, PORTALMAKASSAR.COM – Aktivis pemuda Tana Toraja mempertanyakan motif akademisi Unhas Dr Jayadi Nas mengomentari situasi politik di Tana Toraja dan Toraja Utara, terkait Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Meski mantan ketua KPU itu berbicara kapasitasnya sebagai pengamat, namun dari pernyataannya terkesan sangat tendesius, dan seolah menempatkan diri sebagai tim sukses salah satu pasangan.

“Ada apa tiba-tiba Jayadi Nas bicara soal peluang NH-Aziz di Toraja dan kandidat lain? Kenapa terkesan memojokkan IYL-Cakka? Apa dia tahu keinginan warga Toraja?,” tanya aktivis pemuda Toraja, Deden, Rabu (06/09/17).

Seperti termuat di media, Jayadi mengakui jika IYL bakal sulit mendulang suara mayoritas seperti Sayang di Pilgub Sulsel 2013. Alasannya, Cakka yang menjadi pendamping IYL merupakan saudara dari Aziz Qahhar Mudzakkar.

Menurut Deden, Jayadi jangan asal bunyi (asbun). Sebab masyarakat Toraja lebih tahu membedakan figur yang akan didukungnya. Sebab antara Aziz dan Cakka, punya perbedaan yang mencolok di Toraja.

“Cakka itu jauh lebih diterima. Ia punya hubungan emosional dengan warga Toraja. Ia sosok yang paham dan mengerti tentang plularisme. Makanya jangan asal kapao-pao,” tambahnya.

Warga Toraja lainnya, Toding, ikut menyesalkan pernyataan Jayadi yang seolah-olah dimanfaatkan untuk menjatuhkan IYL-Cakka. Apalagi, ini bukan kali pertama Jayadi “menyudutkan” pasangan yang dikenal komitmen tersebut.

“Kok akademisi ngomongnya seperti itu. Jangan sampai dia tim sukses? Pernyataannya tidak sesuai apa yang berkembang di masyarakat Toraja,” pungkas Anthony. (ril/red3)

Komentar