Pengunjung F8 Terpukau Saksikan Atraksi Jupiter dan Sukhoi

0
67
atraksi sukhoi
Pengunjung F8 Terpukau Saksikan Atraksi Jupiter dan Sukhoi , Rabu (6/9/17) sore di anjungan pantai Losari

MAKASSAR,PORTALMAKASSAR.COM – Jupiter aerobatic team dengan enam pesawat hi show tampil memukau dan mengundang decak kagum pengunjung Makassar International Eight Festival and Forum atau F8, di atas langit Pantai Losari, Makassar, Rabu, September 2017.

Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’Pomanto mengaku sebagai penggagas kegiatan bertaraf internasional ini pun mengaku sangat bersyukur terutama dengan dukungan semua pihak sehingga bisa berjalan lancar.

Kita lihat ada pertunjukan udara, laut, di darat juga ada, berpadu dengan alam Makassar yang begitu indah. Tinggal kita isi dengan kegiatan seperti ini. Alhamdulillah F8 tahun ini dihadiri 24 negara dan kita telah dua tahun melaksanakannya,” ucapnya.

Atraksi oleh team aerobatic kebanggaan Indonesia yang tampil selama 15 menit tersebut berhasil menyuguhkan pemandangan spektakuler.

Tim yang lebih dikenal dengan The Jupiters ini diawaki oleh instruktur penerbang TNI AU dengan menggunakan enam pesawat KT-1B Wong Bee khusus dihadirkan mengawali rangkaian kegiatan F8.

Leader atau jupiter 1 dalam tim aerobatic ini adalah Letkol Pnb Kisha ‘Razor’ yang sehari- hari menjabat sebagai komandan skadron udara pendidikan 102 di Lanud Adisutjipto Jokjakarta.

Pilot lainnya yakni Right wingman (jupiter 2) Mayor Pnb Idam ‘Godham Satria, Left wingman (jupiter 3) Mayor Pnb Ferdian “Corbie” Habibi, Slot Mayor (Jupiter 4) Pnb Iwan ‘Gobang’ Setiawan, Jupiter 5 Letkol Pnb Marcell ‘Linger’, dan Jupiter 6 Letkol Pnb Frando ‘Fennec’ Marpaung.

Atraksi pertama adalah Jipiter Roll. Sebagai salam pembuka keenam pesawat mendemonstrasikan kekompakan tim. Lalu disusul dengan atraksi Barrel Roll dimana para Jupiters membentuk formasi mata panah.

Formasi ini dikenal dengan nama Arrow head formation. Keenam pesawat melanjutkan dengan vertical manuver ditambah roll pada sumbu longitudinal dengan jarak yang sangat dekat.

“Jupiter Aerobatic Team tidak hanya menunjukan performa terbaiknya di Indonesia, sebagai duta udara Indonesia telah berkiprah di kancah internasional,”

Kami atas nama tim sangat berterima kasih kepada Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto bisa diundang tampil di Makassar International Eight Festival and Forum ini,” Sebut Kapten RS Anggoro yang saat itu bertindak sebagai narator.

Manuver lain yang ditampilkan yakni Loop and break off, twin half cuban, stall turn, clover leaf, callypso, screw roll, solo spin, five card pass, leader benefit and roll back, dan terakhir loop and bomb burst.

Selain penampilan Jupiter, atraksi tiga pesawat tempur sukhoi juga hadir mewarnai even F8 ini dengan berbagai atraksinya. Penampilan para penerbang ini akan hadir kembali pada hari kedua F8 di waktu yang sama, besok. (ril/red2)

Komentar