Tampil Dengan Keterbatasan di Panggung F8, Penyandang Disabilitas Buat Penonton Terharu

0
59
Penyandang Disabilitas
Penyandang Disabilitas binaan Dinsos Kota Makassar turut memeriahkan panggung F8, Rabu (6/9/17) malam

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM– Pemerintah Kota Makassar, mewujudkan impian dan cita-cita Makassar menuju Kota Dunia. Niat suci itu, di implementasikan melalui event internasional yaitu Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2017 yang dilaksanakan Rabu (6/9/2017).

Pada hajatan akbar yang dihadiri oleh tamu undangan dari negara sahabat ini, melibarkan semua masyarakat umum. Bahkan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk tampil diatas panggung.

Kadis Sosial Makassar, Mukhtar Tahir mengungkapkan, komunitas penyandang disabilitas adalah satu dari sekian komunitas binaan Dinas Sosial kota Makassar.

Menurutnya, pada perhelatan internasional ini dirinya mengucapkan terima kasih kepada Wali kota Makassar, Danny Pomanto karena atas izin bisa hadir dan tampil penyandang disabilitas yang selama ini terpinggirkan.

Pentas penyandang disabilitas di F8 luar biasa. Tampil di atas panggung, melaui pertunjukan bahasa tubuh mampu memukau Wali kota Makassar, pak Danny dan tamu undangan yang hadir, merasa terharu,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, para penyandang disabilitas ini tampil dengan pertunjukan bernyanyi, juga membaca puisi sebagai bentuk keinginan dan cita-cita untuk menggapai masa depan seperti manusia pada umumnya.

Menurut mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini, jika selama ini ada pemikiran dunia model hanya diisi oleh orang-orang dengan fisik yang sempurna 100 persen, maka ada baiknya pola pikir demikian mulai diubah.

Lanjut dia, tampil disabilitas tersebut, bertujuan membantu mengubah persepsi dunia soal bagaimana melihat dunia fesyen. Pihaknya, ingin membuktikan para difabel tetap mampu tampil menarik dan tak ketinggalan dalam dunia fesyen.

“Masih sedikit komunitas yang fokus pada kepentingan dan kepedulian terhadap isu-isu disabilitas. Itu sebabnya melaui f8, panggung untuk komunitas disabilitas tampil,” katanya.

Sementara itu, hadir di lokasi. Kadis Perumahan kota Makassar, Fatur Rahim menambahkan, tampil komunitas disabilitas di F8 mampu memukau penonton.

“Dan ini membangkitkan jiwa sosial dan kebersamaan dalam mengsukseskan F8,” singkatnya.

Sekedar diketahui, F8 yang merupakan singkatan dari Film, Fashion, Food, Flowers, Fine Art, Folks, Fusion Jazz, Fixion Writer merupakan wadah untuk menyatukan potensi besar Makassar yang selama ini cenderung terpisah-pisah sehingga dilirik oleh undangan internasional dari negara tetangga yang hadir. (ril/red2)

Komentar