Kapolres yang Diduga Hina Wartawan Akhirnya Dicopot, Ini Penggantinya

0
245

BANDARLAMPUNG,PORTALMAKASSAR.COM – Kontroversi ucapan Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan yang diduga menghina profesi wartawan, berujung pada pencopotan.

AKBP Budi Asrul Kurniawan, kini ia dimutasikan menjadi sebagai Perwira Menengah (Pamen) Baintelkam Polri dan posisinya digantikan oleh AKBP Budiman Doni Wahyudi, yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistiyaningsih, membenarkan Budi Asrul Kurniawan dimutasikan. Selain itu, beberapa Pamen Polda Lampung juga mengalami pergantian. Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/2612/IX/2017 tertanggal 9-9/2017.

“Ia benar sudah masuk TR (telegram) nya, terutama Kapolres Way Kanan, AKBP Budi Asrul Kurniawan, yang gantikan AKBP Doni Wahyudi,” ujarnya seperti rilis yang dikirim ke Group WhatsApp, Pimpinan IWO Sabtu (9/9/2017) malam.

Disinggung apakah mutasi yang diterima oleh Kapolres Way Kanan, karena perkara dirinya yang kini telah berjalan di Bidang Propam Polda Lampung, Sulis tak berkomentar banyak, menurutnya mutasi dan promosi biasa dalam kepolisian.

“Sama seperti mutasi biasa dalam tubuh polri, yang TR ini sertijabnya secepatnya dua minggu dari sekarang, kalau sertjiab Wakapolda Rabu ini, (13/9/2017), dan sertjiab beberapa PJU yang lain yang sudahdulu TR nya keluar, sekitar tanggal (16/9/2017) ini,” tandasnya.

Sulis membenarkan selain Budi Asrul beberapa jabatan lain juga berganti, yakni Kapolres Lampung Utara AKBP Esmed Eryadi diangkat dalam jabatan baru sebagaiWadirsabhara Polda Bengkulu, posisinya ditempati AKBP Eka Mulyana yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Lampung.

Selanjutnya Kapolres Metro AKBP Rali Mustika dipindah tugas sebagai Wadirintelkam Polda Kepulauan Bangka Belitung. Jabatan Rali digantikan oleh AKBPUmi Fadilah yang sebelumnya bertugas sebagai Kasubbagdokliput Bagprodok RO PID Divhumas Polri.

Selain itu AKBP Eko Sudaryato yang sebelumnya menjabat kasubbagevadasi Bagbindik Sespimen Sespim Lemdiklat Polri, diangkat menjadi Wadirkrimsus Polda Lampung menggantikan AKBP M. Anwar, perpindahan tersebut berdasarakan surat telegram nomor ST/2519/IX/2017.

Sebelumnya, Budi Asrul Kurniawan diduga menghina wartawan di Lampung. Hal tersebut terjadi saat saat dua wartawan yakni Dedi Tarnando dan Dian Firasa, tengah menjalankan tugas peliputan aksi penyetopan angkutan batu bara, di Kampung Negeribaru, Blambanganumpu, Kabupaten Way Kanan, Minggu (27/8/2017) sekitar pukul 02.30 WIB.

Dalam rekaman yang diduga suara Budi Asrul Kurniawan beberapa kalimat dinilai menghina wartawan. Kapolda Lampung saat dijabat Irjen Pol. Sudjarno secara terbuka telah meminta maaf atas ucapan anak buahnya tersebut, Senin (28/8/2017). Budi Asrul bahkan telah diperiksa Propam Polda Lampung. Ucapan itu membuat gelombang aksi merebak tak hanya di Lampung, tapi di seluruh Indonesia.

Karir Budi Asrul Kurniawan sebagai Kapolres Way Kanan tergolong singkat. Dia mulai bertugas sebagai Kapolres pada 20 Mei 2017 menggantikan AKBP Yudy Chandra Erlianto. (ril/red3)

Komentar