Kemenko Maritim Lepas 25 Peserta Ekspedisi Jaya Nusantara Asal UNM

0
250

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) resmi melepas 25 peserta Ekspedisi Jaya Nusantara (ENJ) 2017 asal Universitas Negeri Makassar (UNM) hari ini, Senin (11/9) di Ballroom Menara Pinisi UNM.

Peserta ENJ ini akan dikirim ke pulau-pulau kecil dan terluar agar terjun langsung di masyarakat yang membutuhkan. Hal itu disampaikan Asisten Deputi bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim, Tubagus Haeru Rahayu dalam sambutannya.

“ENJ merupakan kegiatan besar Kemenko Maritim yang sudah dilakukan selama 3 tahun. Tahun ini terbagi menjadi 3 misi. 2000 pemuda akan mengabdi untuk 10 hari, 2000 mahasiswa untuk 21 hari dan 68 kelompok siswa,” ungkapnya melalui rilis yang diterima portalmakassar.com.

Lebih lanjut, laki-laki asal Banten ini mengapresiasi kegiatan yang baru pertama kalinya diadakan di UNM. Menurutnya, UNM juga mampu memajukan bidang kemaritiman Indonesia padahal UNM dikenal sebagai kampus pencetak guru.

“Saya semangat datang ke UNM karena di sini belum ada ilmu kelautannya. Berbeda dengan Universitas Hasanuddin yang telah memiliki Fakultas Ilmu Kelautan. Jadi mengikuti kegiatan seperti ini merupakan hal yang biasa,” bebernya.

Sementara itu, pelepasan ini turut dihadiri oleh Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan (PR III) UNM, Arifuddin Usman.

“Kegiatan ini lahir dari ide yang luar biasa. Walaupun dari Kemenko Maritim langsung yang adakan, tapi tanpa kreativitas peserta ENJ kegiatan itu tak akan berjalan,” katanya.

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan ini berharap 25 delegasi UNM ini mampu membantu masyarakat setempat dengan menggali potensi setempat. Sehingga bisa memanfaatkannya untuk kemajuan NKRI.

“Kita berlayar dan kita tidak kembali bila tidak sukses. Semoga bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Ketua pelakasana kegiatan, Suherman mengungkapkan 25 peserta ENJ asal UNM ini akan berlayar menggunakan kapal perintis pada Rabu, 13 September mendatang.

“Kami akan berlayar menuju Pulau Bonerate, Kepulauan Selayar. Disana kami akan mengabdi kepada masyarakat setempat dan melaksanakan sejumlah program kerja,” katanya. (ril/red3)

Komentar