Asik Nongkrong di Circle Mappanyukki Usai Jambret Depan IMMIM, Edu Diringkus Polsek Ujungpandang

0
476

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Polsek Ujung Pandang berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan pelaku curas (pencurian dan kekerasan) jambret, di Jalan Veteran Utara, Lorong 42 dan di Jalan Mappanyukki, Senin (11/9/2017), Pukul 22.00 Wita.

Adapun identitas pelaku tersebut seperti baket (bahan dan keterangan) dari Humas Polda Sulsel, Arifin Alias Ipink (Umur 25 Thn), Alamat Jl Veteran Utara Lrg 42 Makassar (Joki), Eduardua Alias Edu (Umur 17 Thn) Alamat Jl Veteran Utara Lrg 42 Mks (Eksekutor) dan Sri Datu Endang (Umur 47 Thn) Pekerjaan IRT, Alamat Jl Vetran lrg 43 Mks (Penadah).

Pengungkapan dilakukan unit khusus Polsek Ujung Pandang yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Iptu Arham Gusdiar. S,I.K , M.H bersama Dantimsus Aiptu Syawaluddin.

Dasar laporan Polisi Nomor : LP / 276 / IX / 2017 / Restabes Mks / Sektor UP, Tanggal 10 September 2017 Pelapor : Dr.Hamri Haiya,S.Sos.S.H,M. H,M.SI Tentang pencurian dgn kekerasan (jambret).

Adapun kronologis kejadian, Minggu (10 September 2017) sekira Jam 20.30 Wita di Jl Jend Sudirman (Depan Gedung Immim), dimana korban sementara berdiri di pinggir jalan sambil memegang HP miliknya yaitu HP IPhone 7+ Warna Rose Gold dengan Nomor SIM 08114601908 Nomor imei 359153070509173.

Secara tiba-tiba muncul pelaku (2 orang berboncengan) dengan menggunakan sepeda Motor Matick Warna Merah langsung menarik/merampas paksa HP korban dan kemudian melarikan diri.

Akibat kejadian tersebut Korban melaporkan di Polsek Ujung Pandang untuk proses hukum.

Kronologis penangkapan berdasarkan laporan tersebut Unit Khusus Polsek Ujung Pandang melakukan penyelidikan dan mendapat Informasi dari informan bahwa pelaku jambret tersebut adalah Edeuardus alias Edu dan informan memberikan informasi bahwa Edu saat ini sementara nongkrong di Circle K Mappanyukki.

Berdasarkan Informasi tersebut unit Khusus Polsek Ujung Pandang yang di pimpin Kanit Reskrim langsung bergerak cepat dan mengamankan Eduardus alias Edu.

Setelah tertangkapnya Edu kemudian dilakukan interogasi ditempat penangkapan Eduardus memberikan keterangan bahwa dia bersama Arifin alias Ipink melakukan jambret depan Immim dan berhasil mengambil hp IPhone 7+.

Kemudian dilakukan pengejaran terhadap Ipink di Jl Vetran Lrg 42 Mks dan Ipink pun berhasil diamankan.

Hasil interogasi awal saat penangkapan : Ipink memberikan keterangan, benar dirinya sebagai joki membonceng Edu menjambret sebuah HP IPhone 7+ di depan Gedung IMMIM Minggu tanggal 10 September 2017. Lalu HP tersebut di jual ke Enda seharga Rp.400,000,- (empat ratus ribu rupiah).

“Hasil penjualan HP tersebut digunakan membeli sabu di seorang penjual sabu yang tinggal di Jl Veteran Utara Lrg 2 Makassar,” jelas baket yang dikirimkan Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (12/9).

Sebelumnya pada pertengahan 2016 bersama Aco di Jl Hertasning Makassar berhasil menjambret HP. Edu kemudiam memberikan keterangan bahwa
Ipink tahun 2016 bersama Sandi berhasil menjambret HP merk Oppo.

“Setelah dilakukan introgasi awal di TKP kemudian Ipink dibawa untuk menunjukkan rumah penadah HP yang telah di jambret Edu akan tetapi saat di perjalanan Ipink melakukan perlawanan dan kemudian berhasil melarikan diri,” katanya.

Melihat hal tersebut unit khusus Polsek Ujung Pandang mengejar Arifin sambil memberikan tembakan peringatan dan perintah untuk berhenti akan tetapi tdk di hiraukan oleh Arifin alias Ipink.

“Sehingga kemudian diambil tindakan tegas dengan tembakan terarah untuk melumpuhkan dan menghentikan aksi Ipink dengan tembakan di betis kanan Ipink,” jelasnya.

Kemudian Ipink dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis kemudian dibawa ke Mako Polsek Ujung Pandang untuk proses hukum.

Barang bukti yg diamankan :

Sepeda Motor Honda Beat merah dgn Nomor Polisi DD 4157 UM (kendaraan yg di gunakan melakukan). HP IPhone 7+ Warna Rose Gold Nomor imei 359153070509173.

(krmc/red3)

 

Komentar