Membanggakan! Wakapolri ‘Putra Asal Makassar’ Menjadi Pembicara Utama Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN

0
161

JAKARTA, PORTALMAKASSAR.COM – Suatu kehormatan dan kebanggaan kembali ditorehkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di mata Internasional.

Melalui Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Drs. H. Syafruddin, M., Si., mewakili Indonesia dalam pertemuan tingkat Menteri ASEAN yang diadakan di Pilipina pada tanggal 18 – 21 September 2017.

Seperti dilansir multimedianews.polri.go.id, Wakapolri yang merupakan putra kelahiran Ujung Pandang saat ini disebut Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, tidak hanya mewakili Indonesia saja, tetapi dalam pertemuan tingkat menteri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC).

Komjen Pol Syafruddin akan menjadi pembicara utama dalam pertemuan tersebut, dengan membahas masalah radikalisme dan penanganan kejahatan lintas ASEAN.

Acara yang dilaksanakan selama 4 hari tersebut dihadiri delegasi dari Cina, Jepang dan Korea Selatan.

“Semoga pertemuan ini bisa membawa manfaat bagi negara ASEAN dalam mencegah terorisme dan kejahatan antar lintas negara ASEAN,” ucap Komjen Pol Syafruddin.

Orang nomor dua di Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dikenal rendah hati mengatakan masalah radikalisme juga menjadi kepentingan Indonesia. “Kita punya kepentingan tentang itu,” sambung dia.

Sebagai pemimpin delegasi Indonesia, Komjen Pol Syafruddin ingin berbagi pengalaman penanggulangan kasus terorisme dan radikalisme yang selama ini dilakukan Polri di Indonesia, serta menyatukan strategi dan sinergi dari negara negara ASEAN untuk mengatasi kejahatan lintas negara negara ASEAN.

Diketahui Komjen Syafruddin, lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan 14 April 1961. Dia menjadi orang nomor dua di institusi Polri menggantikan Jenderal Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Pada 2004, pria 55 tahun ini menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono- Jusuf Kalla. Akhir 2009, Syafruddin menjabat sebagai Wakil Kepala Polda Sumatera Utara. Kemudian dimutasi menjadi Kepala Polda Kalimantan Selatan pada 2010.

Lalu menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada 2012 dan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri di tahun 2015. (hsn/red3)

 

Komentar