Gelar Program Iptek bagi Wilayah (IbW) LPM UNM Berikan Bantuan Jamban Sehat Untuk Warga Soppeng

0
99
Iptek Bagi Wilayah
Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) laksanakan Program Iptek bagi Wilayah (IbW) di Desa Laringgi Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Minggu, (17/9/17)

SOPPENG, PORTALMAKASSAR.COM – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) laksanakan Program Iptek bagi Wilayah (IbW) di Desa Laringgi Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Minggu, (17/9/17).

Program IbW merupakan pelaksanaan Penerapan Jamban Keluarga Sehat (PJKS). PJKS ini dibangun untuk keluarga yang dinilai layak diberikan bantuan.

Pada kesempatan kali ini, PJKS ini diberikan kepada KK Mardin di Awakkaluku Dusun Welonge, yang di bangun oleh perwakilan UNM bersama warga Desa.

Perwakilan LPM Universitas Negeri Makassar Dr. Ir. H. Bachrani Rauf, MT mengatakan, program ini bekerjasama dengan Pemkab Soppeng dan Gerakan SoBAT (Soppeng Bebas Ancaman Tinja).

“Program ini sebagai implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, di bidang Pengabdian Masyarakat” uangkap Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas teknik Universitas Negeri Makassar ini

Lebih lanjut, Dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan sekaligus penanggung jawab Program IbW LPM UNM ini, mengatakan, pihaknya yang mengajukan proposal kepada Kemenristek Dikti melalui Program IbW untuk pelaksanaan kegiatan ini dan Pemerintah Kabupaten Soppeng mempasilitasi sasaran yang akan dibangun.

Program ini sesuai amanah Rektor UNM, Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP,agar dilaksanakan program ini demi kesejahteraan masyarakat, kata Penanggung Jawab IbW LPM UNM di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng ini.

Turut menyaksikan pula Sekretaris Bappeda Soppeng, Ir. Herman Asnawi, M.Si pada pembangunan Jamban Sehat. Ia berterimakasih kepada pihak UNM atas kerjasamanya dengan Pemkab Soppeng, sehingga Gerakan SoBAT Pemkab dapat terlaksana.

“Ini memang baru langkah awal, dalam menyukseskan Gerakan SoBAT yang akan dibangun melalui program PJKS dari pihak FT UNM” ungkapnya.

Sekretaris Bappeda Soppeng ini juga meminta Pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjalin kerjasama yang baik agar target Pemkab Soppeng dapat tercapai tanpa kendala.

Ditargetkan 4 ribu unit Jamban Keluarga Sehat (JKS) dalam 2 tahun, 2017 – 2018.

Selain kegiatan (JKS), kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan Kursi dan Meja Antik dari Tangkai Bunga Enau di desa tersebut.

Selanjutnya, UNDP dan TNI menyatakan diri akan siap membantu menyukseskan Gerakan SoBAT ini.  (rifan muzaqi/red2)

Komentar