IWO Sulsel Komitmen Perangi Berita Hoax

0
70

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel, Zulkifli Thahir siap memerangi berita- berita hoax di media online terutama dikalangan internal mereka. Hal itu ditegaskan Zulkifli saat hadir dalam program Makassar Corner di Celebes TV, Selasa (19/9/17).

Abang sapaan akrab Zulkifli mengatakan pihaknya sering memberi arahan kepada seluruh jajarannya di tubuh IWO agar senantiasa mengedepankan kebenaran fakta di lapangan. Informasi yang disajikan adalah benar dengan narasumber yang dapat dipercaya.

“IWO Sulsel sejak awal mendeklarasikan diri di bulan Januari 2017 lalu kami sudah canangkan gerakan Makassar anti Hoax, kemudian di bulan Mei IWO kembali menggaungkan Gerakan Sulsel Anti Hoax, IWO hadir 5 tahun lalu bertujuan mencerdaskan bangsa dengan berita-berita yang positif, akurat, akuntabel dan hingga perang terhadap berita-berita bohong”, kata Zulkifli Thahir.

Diketahui bahwa sebelumnya IWO memang telah melakukan deklarasi pada Januari dan awal Mei 2017 kemarin. Bahkan saat pelantikan dan pengukuhan anggota dan Pengurus IWO Sulsel di Karebosi, pihaknya telah mencanangkan gerakan melawan Hoax.

Sebagai bentuk keseriusan dalam memerangi Hoax, pihak IWO Sulsel juga tengah memverifikasi ulang keanggotaannya. Karena banyaknya oknum-oknum wartawan online yang kerap memberikan informasi tidak sesuai fakta yang ada.

Olehnya itu salah satu yang kami lakukan juga di internal IWO se-Indonesia adalah perumusan Kode Etik Wartawan Online (KEWO) yang sudah dibahas dalam Mubes di Jakarta beberapa pekan lalu yang dihadiri oleh pengurus IWO dari 31 Provinsi.

“Kami himbau kepada masyarakat untuk yang menerima informasi atau berita tolong dicermati judul dan isi berita disertai foto berita, telusuri websitenya dan lihat narasumbernya apakah layak untuk dipercaya, selain itu kami mengajak seluruh komponen bangsa ini mari sama-sama perangi hoax karena sudah banyak yang dirugikan akibat berita bohong”, harap Zulkifli. (hsn/red3)

Komentar