Sstt ! Di Pulau Jampea Selayar, ENJ UNM Sosialisasikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

0
148
ENJ UNM
mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang mengikuti Program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 mensosialisasikan Lagu Indonesia Raya dengan 3 Stanza. Senin (18/9/2017)

SELAYAR,PORTALMAKASSAR.COM – Banyak yang tidak mengetahui bahwa lagu Indonesia Raya yang sering kita dengarkan hanya merupakan potongan sepertiga dari Lagu ciptaan W.R. Soepratman yang asli.

Karena liriknya yang panjang akhirnya otoritas waktu itu mempersingkat lagu tersebut dengan hanya menyisakan sepertiga dari keseluruhan lagu.

Masih banyaknya yang belum mengetahui fakta tersebut, apa lagi masyarakat yang jauh dari pusat kota yang kurang adanya informasi mengenai hal itu.

Oleh karena dasar tersebut mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sedang mengikuti Program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 mensosialisasikan Lagu Indonesia Raya dengan 3 Stanza. Senin (18/9/2017).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di pulau Jampea kabupaten Selayar mulai tanggal 11 hingga 22 september 2017.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja ENJ UNM dengan mengusung tema “sosialisasi dan wawasan kebangsaan”.

Ramli Tamrin, Peserta ENJ UNM 2017 sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya ingin membantu mensosialisasikan lagu Indonesia Raya dengan 3 Stanza.

“Kita ingin turut membantu pemerintah dalam percepatan pengenalan lagu Indonesia Raya 3 stanza ini” ungkap ketua The Institute of Democracy and Education Chapter South Selawesi (The IDE Sulsel).

Lebih lanjut, sosialisasi tersebut di rangkaikan dengan upacara bendera yang diselengarakan di SMKN 4 Selayar.

Sebelumnya Lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ sendiri sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958. Aturan ini diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Sukarno pada 26 Juni 1958.  (rifan muzaqi/red2)

Komentar