Arqam Azikin: Relasi Posisi RMS – NH – IYL

0
66
Arqam Azikin
Arqam Azikin

MAKASSAR,PORTALMAKASSAR.COM – Dalam pendekatan usungan Partai Nasdem maka Rusdi Masse (RMS) tidak bisa lagi berpikir apa-apa karena RMS, Ketua DPW NasDem, namun secara interaksi ke bawah maka RMS juga sudah terlanjur pernah mengemukakan akan tetap di IYL apapun posisinya.

Nah, dalam dinamika politik seperti ini memang akan semakin terlihat “tekanan politis” di balik kekuasaan akses politik parpol.

Dimensi saling membutuhkan pada proses Pilkada serentak Juni 2018 ini juga transparan, di mana RMS harus ikuti instruksi dari Ketua Umum DPP NasDem untuk mendukung NH di Pilgub dan di sisi lain RMS juga lagi membutuhkan dukungan DPP Golkar untuk mendukung istrinya maju Calon Bupati Sidrap.

Pola saling membutuhkan di pilkada serentak inilah yang mengarahkan RMS harus setuju pada pendekatan Administrasi Parpol dalam mendukung NH masuk koalisis parpol Golkar dan Nasdem, namun kerja-kerja politik di “Lapangan Pilgub” bisa saja jaringan massa suara akan mencari Figur Cagub IYL pada pilihannya sendiri tanpa mengikuti dukungan parpol yang sekedar administratif.

Siklus kepentingan politik 5 – 10 tahun ke depan inilah yang akan memberikan pilihan-pilihan politik kepada RMS guna menopang kepemimpinannya membuktikan posisi Partai Nasdem ke depan. (red2)

Opini : arqam azikin (analis politik dan kebangsaan/dosen fisipol umm)

Komentar