Ammatoa Beri Gelar Kehormatan ke Ichsan YL-Cakka

0
47

BULUKUMBA, PORTALMAKASSAR.COM – Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) tercatat sebagai satu-satunya kandidat gubernur dan wakil gubernur yang bisa menginjakkan kaki ke rumah pemimpin Adat Kajang, Ammatoa, di Desa Tana Toa, Bulukumba.

Terasa spesial, karena pasangan Punggawa Macakka ini, langsung diterima langsung Ammatoa, Kepala Desa Tana Toa, serta sejumlah tokoh masyarakat Kajang, seperti Kahar Muslim.

Kepada IYL-Cakka, Ammatoa mendoakan pasangan ini untuk terpilih sebagai pemimpin Sulsel. Bahkan, ia menitip pesan sekaligus amanah, agar jika kelak terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur, bisa selalu bersama, seiring, dan tidak pernah terpecah.

“Harus selalu menjaga Sulsel, tidak terkotak-kotakkan, dan terpecah. Ini yang diwariskan leluhur kita dari kerajaan di Sulsel, seperti Kerajaan Gowa, Bone, Luwu, Wajo, dan pemangku adat Ammatoa,” kata Ammatoa dalam bahasa Konjo yang diterjemahkan oleh Kahar Muslim kepada IYL-Cakka, Sabtu (30/09/17).

Tak hanya itu, Ammatoa secara khusus mendoakan sekaligus merestui IYL-Cakka untuk melanjutkan niatnya dalam mewakafkan diri membangun Sulsel yang lebih sejahtera dan produktif.

“Semoga masyarakat Sulsel bisa disatukan dalam memilih calon pemimpin ini (IYL-Cakka),” tambah Ammatoa yang di sore itu mengenakan pakaian hitam-hitam, khas adat Kajang.

Saat menerima IYL dan Cakka, Ammatoa juga memberikan gelar kehormatan. Untuk Ichsan, yakni Puto Sambeang Dg Magassing, yang maknanya calon pemimpin yang akan menggantikan pemimpin sekarang dan akan lebih baik lagi.

Sementara Cakka, digelari Puto Sakka Dg Manai, yang maknanya bisa lebih besar dari posisinya sekarang, dan mampu naik untuk tugas-tugas yang mulia.

Usai mendoakan IYL-Cakka serta menyampaikan makna yang tersirat dari gelar yang diberikan, Ammatoa juga meminta pasangan ini untuk selalu amanah, dan menjaga adat-istiadat di Sulsel.

Sementara itu, IYL yang mengenakan pakaian khas Kajang, menyampaikan Terima kasih atas apresiasi dan sambutan hangat Ammatoa, para Tokoh masyarakat, dan warga di Tana Toa.

“Terima kasih atas penghargaan dan sambutan yang begitu besar kepada kami. Kami mohon doa’ta, semoga apa yang kami niatkan bisa dikabulkan. Bukan kami hanya didoakan untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur, tapi lebih dari itu mohon kami didoakan, kiranya atas izin Allah kami memimpin Sulsel, itu bisa bermanfaat untuk masyarakat,” terang Ichsan.#

Komentar