Di Gowa, Aliyah Mustika Berharap Dinkes Tingkatkan Pelayanan Puskesmas Yang ada di Pelosok

0
36

GOWA, PORTALMAKASSAR.COM – Anggota DPR RI komisi IX, Aliyah Mustika Ilham, berharap pemerintah kabupaten dan kota melalui Dinas Kesehatan agar fokus dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan terutama Puskesmas yang berada di pelosok.

Hal tersebut diungkapkan Aliyah saat sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan kepada ratusan warga Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, di aula Villa Batulapisi Malino, Kamis 28 September 2017.

Menurutnya, pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan secara masif menggalakkan berbagai program kesehatan dan mewajibkan pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kepada warga tanpa terkecuali baik di kota maupun di pelosok desa.

Masyarakat dianjurkan untuk ke puskesmas ketika mengalami masalah kesehatan dan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat seenaknya tanpa resep dokter.

“Tapi begitu warga mau ke puskesmas, mereka berfikir pelayanan yang berbelit-belit. Ini salah, ini harus di rubah. Pelayanan kesehatan harus ditingkatkan jangan sampai warga malas berobat gara-gara pelayanan,” kata legislator yang membidangi kesehatan ini.

Lebih lanjut ia berharap kepada Dinas Kesehatan jika mengalami keterkendalaan dalam upaya peningkatan pelayanan agar dapat berkonsultasi dengan komisi IX.

“Jangan sampai apa yang diinginkan pemerintah pusat tidak sinkron dengan dinas atau puskesmas. Silahkan konsultasi ke kami di komisi IX. Sudah tugas kami menyerap aspirasi dan memperjuangkan itu,” ungkap legislator fraksi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Rujukan Direktorat Pelayanan Kesehatan, Dr. Ira Melati, mengatakan sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan tersebut digelar agar masyarakat tahu haknya dijamin oleh negara untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dan pemerintah berkewajiban melindungi dan memberikan pelayanan sesuai ketentuan kepada masyarakat.

“Kami turun ke tengah masyarakat agar mereka tahu haknya dan menghadirkan teman-teman dari puskesmas agar mereka paham kewajibannya,” ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut
Kasubag Tata Usaha dan Perencanaan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Anwar SKM, Kepala bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Dr Syamsiah Arab, tim Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan sejumlah tenaga medis Puskesmas.

Sekedar diketahui, Aliyah merupakan legislator senayan dalam masa jabatannya tiga tahun terakhir dikenal aktif turun ke tengah masyarakat membawa dan mensosialisasikan program pemerintah pusat. (ril)

Komentar