KNPI Maros Gelar Debat Kandidat Calon Ketua

0
44
knpi maros
Panitia Musyawarah Daerah (Musda) Ke-14 DPD ll KNPI Kabupaten Maros menggelar sesi Debat Kandidat Calon Ketua KNPI Maros, Jumat malam (29/9/2017) sekitar pukul 20.30 Wita di Warkop Buana Maros

MAROS,PORTALMAKASSAR.COM – Panitia Musyawarah Daerah (Musda) Ke-14 DPD ll KNPI Kabupaten Maros menggelar sesi Debat Kandidat Calon Ketua KNPI Maros, Jumat malam (29/9/2017) sekitar pukul 20.30 Wita di Warkop Buana Maros.

Debat Kandidat ini diikuti 6 Calon Ketua KNPI Maros yang memaparkan visi misinya.

Mereka antara lain Asri Said, Herwan, Irvan Adwitaman, Rizal Fauzi, Andi Awaluddin dan Muhammad Fathul Faqih Hajar.

Kandidat pertama yakni Asri Said memaparkan visinya yakni “Mewujudkan Pemuda Maros pengabdi, bermanfaat untuk negeri”. Misinya, membangun komitmen kepengurusan, memperkuat peran OKP, mengoptimalkan potensi pemuda di setiap desa, memberdayakan setiap unsur pemuda dan meningkatkan sinergitas bersama pemerintah dan swasta.

Asri juga menawarkan 8 program yang dinamakan 8 program ASRI SAID yang diambil dari singkatan Aktif, Sehat, Realistis, Inovatif, Siaga, Arif, Integritas dan Dinamis.

Sementara kandidat kedua, Irvan Adhwithaman memaparkan visinya bagaimana KNPI Aktif bergerak menjawab tantangan zaman. Misinya yakni mengembalikan fungsi KNPI sebagai lembaga pembentuk kader.

Irvan menjabarkan jika terpilih, maka ia akan mendorong OKP yang berhimpun melakukan pengkaderan agar menciptakan regenerasi dan menjawab krisis kepemimpinan hari ini.

Pada keempatan yang sama, Herwan yang juga Bendahara KNPI menyampaikan Visinya yakni mewujudkan Pemuda yang berkarakter dan Mandiri.

Misinya adalah mendorong OKP melakukan pengkaderan, meningkatkan SDM Pemuda dengan membangun intelektual spiritual, mengkomunikasikan kepada pemerintah dan swasta untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi, mendorong pengembangan wirausaha pemuda serta menciptakan manajemen organisasi yang efektif dan efisien dengan menempatkan pengurus sesuai bidang masing-masing.

Kandidat keempat, Muhammad Fathul Faqih Hajar menyampaikan Visinya yakni “Menjadi Pemuda di Negeri sendiri’. Menurutnya, ia sengaja mengangkat visi ini karena prihatin masih banyak pemuda yang belum mampu berbuat untuk kemajuan daerahnya karena masih banyaknya potensi pemuda yang belum tergali.

Faqih menjabarkan misinya yakni dengan memberdayakan dan mendorong kreativitas kepemudaan, membentuk pemuda yang mandiri, serta menjadikan DPK dan OKP sebagai contoh yang baik ditengah masyarakat.

Kandidat kelima, Rizal Fauzi menyampaikan Visi “Mewujudkan KNPI yang Inovatif”. Caranya adalah membangun kolaborasi antara KNPI dan Organisasi kemahasiswaan serta Kepemudaan dalam melakukan pengembangan kapasitas pribadi dan organisasi, mendorong lahirnya 1 Kecamatan satu Inovasi, membangun profesionalisme organisasi dengan pendekatan spesifikasi organisasi tersebut misalnya organisasi keagamaan atau kekaryaan agar lebih profesional.

Ia melanjutkan, misinya yakni pihaknya akan mendorong kawasan inovasi untuk setiap OKP bisa membinanya secara berkelanjutan, mendorong lahirnya regulasi terkait Literasi agar perjuangan gerakan Literasi di Maros bisa tuntas.

Kandidat terakhir, A. Awaluddin menyampaikan Visi “Pemuda sebagai Lokomotif Pembaharuan yang harus mengambil peran strategis”.

Awaluddin menjelaskan Misinya yang terbungkus dalam patron Akselerasi Pemuda Maros menuju kemandirian Organisasi dengan penjabaran misi membangun manajemen organisasi berasaskan profesionalisme, pengembangan SDM, membangun pemuda mulai dari kecamatan hingga OKP karena pemuda memiliki ideologi berbeda namun hal itu bisa menjadi kekuatan untuk membangun Kabupaten Maros dari sisi kepemudaan.

Sesi debat ini dipandu Ketua SC, Lory Hendradjaya, dihadiri Ketua KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra dan menghadirkan Panelis Drs. H.M. Tahmrin Ramli selaku Mantan Ketua KNPI Maros periode 1995-1998 serta hampir sekitar 200 audience dari berbagai OKP, Mahasiswa dan lembaga Kepemudaan di Kabupaten Maros. (bw/red2)

Komentar