Cakka: Saya Bersyukur Bisa Bersama Mr Komitmen

Cakka: Saya Bersyukur Bisa Bersama Mr Komitmen

63
Cakka
Bupati Luwu Andi Mudzakkar ( Cakka )

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM -Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka) memberi pujian ke Ichsan Yasin Limpo (IYL). Baginya, sebuah kesyukuran bisa maju berpasangan dengan mantan Bupati Gowa dua periode tersebut. Selain memegang komitmen, kandidat gubernur tersebut juga tidak “plin-plan” dalam bersikap.

“Saat beliau memasukkan saya sebagai salah satu calon pasangannya, saya justru bertanya dalam hati, apa mungkin Pak Ichsan bisa memilih saya. Tapi setelah melalui berbagai proses dan pertimbangan, beliau ternyata benar menetapkan saya,” kata Cakka, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (13/10/17).

Itu sebabnya, Cakka yang sudah menjabat bupati dua periode tak pernah meragukan komitmen yang dibangun IYL. Baginya, kriteria pemimpin ada dalam diri pasangannya tersebut. Pasalnya, selain komitmennya bisa dipegang, ia juga memiliki banyak terobosan untuk bersama membangun Sulsel.

“Posisi Pak IYL yang punya popularitas dan elektabilitas mumpuni, memungkinkan bisa memilih figur lain, termasuk mungkin bisa mengganti pasangan. Akan tetapi, di sini lah pembeda yang dimiliki Punggawa. Ia pantang melanggar komitmen,” tambahnya.

Mantan ketua DPD II Golkar Luwu ini menuturkan, jauh sebelum dirinya ditetapkan menjadi pasangan IYL, ia memang sudah berniat untuk bersama dengan Punggawa berjuang di pilgub, apapun posisinya. Alasannya, selain berkomitmen, niatnya ingin mengabdikan diri melanjutkan berbagai keberhasilan yang ditorehkan Syahrul Yasin Limpo tak perlu diragukan.

Hal lain, ungkap Cakka, adalah kepeduliaan IYL yang sejalan dengannya. Baik dalam prioritas pembangunan sumber daya manusia, maupun peningkatan kesejahteraan rakyat. Begitu pun tentang aksi-aksi peduli kemanusiaan yang ditunjukkan selama ini.

“Insya Allah, kami bisa saling melengkapi dalam mewakafkan diri untuk membangun Sulsel. Torehan keberhasilan yang dicapai SYL selama ini harus kita lanjutkan bersama. Dan kita butuh figur yang mendekati kemampuan dan kecerdasan beliau. Tanpa melebih-lebihkan, Punggawa punya kapasitas untuk itu. Pengalaman kami sebagai kepala daerah dua periode akan kami sinergikan,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya, IYL mengungkap jika dirinya tak akan mungkin lagi mengganti pasangan, meski ada yang mencoba “merayunya” meninggalkan Cakka jelang tahapan pendaftaran pasangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut IYL, pantang baginya melanggar komitmen yang sudah terbangun, apalagi hanya karena ambisi. Selain menjadi pegangan, rakyat juga bisa menilai sikap inkonsistensi jika lain di mulut, lain perbuatan.

Sekadar diketahui, dari sejumlah bakal calon yang bakal maju di Pilgub Sulsel, IYL-Cakka tercatat sebagai satu-satunya pasangan yang masing-masing punya pengalaman memimpin pemeritahan dua periode. IYL sukses memimpin Gowa selama 10 tahun, dan Cakka memasuki akhir jabatannya sebagai Bupati Luwu dua periode.

Baik IYL maupun Cakka, punya beberapa kesamaan dalam kepemimpinan. Salah satunya, fokus memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia, ketimbang menonjolkan pembangunan fisik di perkotaan. Di samping itu, keduanya juga dikenal peduli terhadap pendidikan dan pengembangan ekonomi kerakyatan. (ril)

Komentar