Dukcapil Makassar Rampungkan Data E-KTP Warga Kepulauan

Dukcapil Makassar Rampungkan Data E-KTP Warga Kepulauan

35

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar tingkatkan pelayanan data kependudukan bagi warga kepulauan se-Kecamatan Sangkarrang. Menyusul adanya perubahan struktur organisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Secara otomatis data kependudukan warga kepulauan berubah menyesuaikan struktur pemerintahan yang ada saat ini akibat pemekaran wilayah. Dimana dulunya masih berada di Wilayah Kecamatan Ujung Tanah.

Kepala Disdukcapil Nielma Palamba mengatakan layanan publik ini dinamakan Kupas Tas. Seluruh bentuk dokumen administrasi kependudukan akan dirampungkan pihaknya selama dua hari di Pulau Kodingareng, Kelurahan Kodingareng.

“Kita sudah seharian di sini, melayani ratusan dokumen warga. hari ini kami selesaikan dan diserahkan langsung oleh Bapak Walikota kurang lebih 600 dokumen kartu keluarga,” katanya.

Untuk mengoptimalkan layanan Kupas Tas ini Disdukcapil menurunkan kurang lebih 40 pegawainya untuk melakukan pencetakan dokumen berupa kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran anak, serta melakukan perekaman e-KTP.

Apalagi saat ini kata Nielma jaringan telekomunikasi di pulau sudah berjalan normal sehingga proses pencetakan dokumen mudah dilakukan.

“Semua tuntas mulai kartu keluarga, akte kelahiran, kartu anak, dan perekaman e-KTP. Kita sudah bisa eksekusi di tempat karena sudah bisa gunakan IT publik. Dua tahun pelayanan disini, sekarang sudah lancar jaringannya,” katanya.

Disdukcapil saat ini telah melayani kurang lebih 200 dokumen kartu keluarga termasuk akte kelahiran anak dan perekaman 200 warga wajib E KTP.

“Berkas yang sudah masuk kurang lebih 600, KKnya harus diganti di update, termasuk akte kelahiran. Kecamatan Sangkarrang kan sudah jadi kecamatan sendiri, mau tidak mau dokumen warga ter-update, kita ganti,” terang Nielma.

Meski demikian untuk penerbitan e-KTP belum bisa dilakukan lantaran jumlah ketersediaan belangko terbatas.

”KTP belum bisa dicetak karna jatah belangko daerah pemekaran belum ada, jadi kita terbitkan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP sementara,” tandasnya.

Disamping peningkatan pelayanan dokumen kependudukan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  Makassar akan meresmikan langsung jaringan telekomunikasi, hari ini.

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali mengatakan peresmian jaringan ini bekerjasama dengan PT Telkomsel.

“Sama jaringan ada yang di darat, jaringan 4G. Menyusul dua minggu ke depan jaringan smartfrend. Yang jelas kepulauan akan ditaburi jaringan,” singkatnya.

Sementara Camat Sangkarrang, Firnandar Sabara mewakili warga kepulauan mengucapkan terima kasih atas inisiasi yang dilakukan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Sudah dikumpul data warga tinggal diproses. Umumnya ribuan warga pulau di wilayah kecamatan harus terlayani data kependudukannya,” sebutnya. (mdp)

Komentar