Wabup Soppeng Hadiri Sidang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi

Wabup Soppeng Hadiri Sidang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi

274
Wabup Soppeng
Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH,MH menghadiri acara sidang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) yang di laksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng, Selasa (17/10/2017)

SOPPENG,PORTALMAKASSAR.COM – Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH,MH menghadiri acara sidang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) yang di laksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng, Selasa (17/10/2017) di Ruang Sidang TP-TGR Lt. 3 Gedung Gabungan Dinas Jl. Salo Tungo Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng pukul 08.00 Wita.

Sidang yang dipimpin oleh Plt. Sekda Nuralam,SH, MH yang didampingi oleh para anggota membacakan tuntutan dan mendengarkan pembelaan serta sanggahan dari tertuntut untuk menghasilkan kesepakatan damai atau diproses secara hukum (dilimpahkan Ke Kejaksaaan).

Sidang kali ini terlihat serius dan tegang, terlihat dari beberapa permintaan tertuntut meminta keringanan dengan alasan tidak mampu menyelesaikan ganti rugi secepatnya karena alasan kurangnya dana atau masih membutuhkan biaya besar untuk menyekolahkan anaknya atau untuk biaya kuliah anaknya.

Namun dari beberapa tertuntut ada seorang tertuntut yang bernama IL langsung membayar ganti rugi sebesar Rp. 27.496.038 yang merupakan sisa yang sudah dibayar dari tuntutan sebelumnya sebesar Rp 41.997.363. IL yang memberikan kuasa kepada kepala desanya mengatakan menerima dan siap membayar sisa kerugian Negara setelah yang bersangkutan tidak menyetor hasil pungutan pajak hasil bumi dan bangunan.

Wakil Bupati Soppeng mengatakan bahwa TP-TGR dapat menjadi filter bagi para pejabat dalam rangka melaksanakan tugas dengan penuh kehati-hatian, kalaupun ada masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan sidang TP-TGR sebelum dilimpahkan ke aparat yang berwenang.

” Kalau TP-TGR sudah memberikan solusi atau keputusan tapi tidak diterima oleh tertuntut dengan berbagai alasan, maka pemerintah melimpahkan kasusnya untuk ditangani oleh aparat hukum untuk diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku” jelas Supriansa.

Wakil Bupati Waykanan Lampung DR. Drs. Edwar Antoni, MM menyampaikan ucapan terima kasih atas pemerintah Kabupaten Soppeng yang telah memperbolehkan menyaksikan pelaksanaan sidang TP-TGR.

” Kegiatan TP-TGR yang bersidang hari ini memberikan tambahan wawasan bagi kami, dan memungkinkan kita dapat menerapkan pula di daerah kami, karena selama ini kami sudah berniat melakukan sidang TP-TGR tapi masih terkendala dengan kurangnya pengetahun tentang prosedur atau aturan yang harus dijalankan saat melakukan sidang” jelas Edwar.

Supriansah bersama rombongan mengikuti seluruh sidang sampai tuntas yang disaksikan oleh pejabat dan PNS Kabupaten Soppeng. (sop1/red2)

Komentar