Realisasi Pendapatan PBB Meningkat di Kabupaten Soppeng

Realisasi Pendapatan PBB Meningkat di Kabupaten Soppeng

140
jumiar
Kepala bidang pendapatan pajak daerah kabupaten Soppeng Jumiar, ST, MM

SOPPENG, PORTALMAKASSAR.COM – Salah satu tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu daerah ditentukan dari peningkatan pendapatan total dan pendapatan perkapita, Kabupaten Soppeng adalah salah satu kabupaten yang pendapatan pajak bumi dan bangunan (PBB) mengalami peningkatan.

Dari data dan penjelasan Kepala bidang pendapatan pajak daerah kabupaten Soppeng Jumiar, ST, MM bahwa penghasilan PBB pemerintah kabupaten Soppeng pada tahun 2017 per bulan September realisasi sudah mencapai Rp.5.8 Milyar sudah melebihi target yang dibebankan oleh APBD pokok yaitu Rp. 5,4 Milyar, sedangkan realisasi tahun 2016 per bulan Desember mencapai Rp. 5.7 Milyar.

“Yang dibebankan pada APBD Pokok itu Rp 5,4 Milyar dan terialisasi sampai saat ini Rp 5,8 Milyar” ucap Jumiar.

Menurutnya bahwa peningkatan realisasi ini disebabkan karena beberapa hal yakni (1). Adanya surat pemberitahuan yang diberikan oleh wajib pajak jauh sebelum masa jatuh tempo, terutama kepada wajib pajak yang menunggak diberikan surat pemberitahuan pribadi agar segera membayar pajak. (2). Penggunaan aplikasi Pajak PBB yang canggih sehingga mempercepat proses pembayaran. (3). Karena adanya beberapa kecamatan yang mengalami peningkatan potensi. (4). Karena adanya kepercayaan yang diberikan oleh Bupati Soppeng kepada penagih pajak (kolektor dan pembantu kolektor) sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Kita memberikan surat pemberitahuan secara pribadi kepada wajib pajak, pemberitahuan bahwa telah jatuh tempo pada tanggal yang ditentukan dan tunggakan- tunggakan yang belum dilunasi tolong dilunasi, sedangkan aplikasi pajak yang digunakan jika ada tunggakan maka pajak tidak bisa terbayarkan ditahun ini dan adanya kepercayaan yang diberikan bupati soppeng kepada para kolektor dan pembantu kolektor” ucap Jumiar.

Lebih ditegaskan oleh Jumiar bahwa penyebab utama peningkatan pendapatan pajak ini karena meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat di kabupaten Soppeng ini. (sop1/red2)

Komentar