Komunitas CCBC Makassar Belajar Bisnis Model Bersama PLUT Sulsel

Komunitas CCBC Makassar Belajar Bisnis Model Bersama PLUT Sulsel

133
Komunitas CCBC Makassar.

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Komunitas CCBC atau Celebes Cooking and Baking Community (CCBC) Makassar belajar bersama tentang bisnis model di gedung PLUT KUMKM Sulsel, Jumat (20/1/2017).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk bimtek penyusunan business model canvas (BMC) bagi UMKM ini difasilitasi Bahrul ulum Ulum Ilham, konsultan PLUT KUMKM Sulsel.

Peserta dari CCBC ini adalah komunitas yang cukup eksis dalam memajukan industry kuliner di kota Makassar dengan anggota mencapai ratusan orang.

Bimtek penyusunan BMC ini digelar karena satu sebab kegagalan UMKM untuk tumbuh adalah karena mereka tidak punya model bisnis yang tepat.

Banyak dijumpai pelaku KUKM bermasalah hampir di semua lini, lambat berkembang meskipun segala upaya sudah dicoba atau pelaksanaan rencana bisnisnya susah diterapkan.

“Business Model Canvas” adalah pendekatan guna menjelaskan, menganalisa, dan mengembangkan business model suatu usaha agar usaha tersebut tumbuh berkembang dan langgeng secara finansial. Pendekatan ini sangat tepat juga untuk menganalisa permasalahan KUMKM dan mengembangkan solusinya” ujar Bahrul.

Ketua CCBC Makassar, Isma Azis Riu berharap kegiatan Bimtek ini menjadi awal yang baik dalam peningkatan kapasitas anggota CCBC. Ia juga berharap kedepannya CCBC dan PLUT Sulsel bisa bersinergi dalam kegiatan-kegiatan yang mendorong pengembangan UMKM.

Salah seorang peserta, Abdul Wahab, mengapresiasi digelarnya bimtek penyusunan BMC.

Dikatakannya, bimtek ini dapat membantu untuk melihat kembali bisnis yang dijankannya. “BMC tools BMC membuka kembali wawasan untuk menguji dan mengembangkan model bisnis yang sedang dijalankan,” ujar owner dari usaha rumah bumbu ratna. (ril)

Komentar