Dinas Perikanan Pangkep Apresiasi Pelatihan Tani Organik Gema Desantara

Dinas Perikanan Pangkep Apresiasi Pelatihan Tani Organik Gema Desantara

66
Gema Desantara
Dinas Perikanan Pangkep Apresiasi Pelatihan Tani Organik Gema Desantara

PANGKEP, PORTALMAKASSAR.COM – Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep, mengapresiasi pelatihan tani organik yang diselenggarakan Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) Pangkep, yang bekerjasama dengan Kemenpora, di Labakkang Kabupaten Pangkep, Senin (23/10/2017).

Kepala Dinas Perikanan Pangkep, Dr. Sabrun Jamil, S. Pi, MP mengatakan, pertanian organik atau sistem pertanian alami yg berbasis kearifan lokal sangat efektif diterapkan di Pangkep mengingat dalam hal ini Pangkep merupakan sentra produksi bandeng dan vanname.

“Kegiatan ini penting untuk memotivasi petani, mengingat kebutuhan hasil perikanan organik menjadi incaran dikota-kota besar, disini sebenarnya perlu menanamkan kesadaran terhadap pelaku petani tambak khususnya ” ujarnya.

Sementara itu Arfah Nuki, salah satu penggerak tani alami mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya menyebarkan semangat pertanian organik khususnya tambak, di Kabupaten Pangkep, mengingat di pangkep belum ada yg menerapkan sistem tani alami pada tambak.

Kegiatan ini mengambil tema “pertanian alami berbasis kearifan lokal” yang akan kita laksanakan selama 3 hari, dari tanggal 22 hingga 24 Oktober. Dalam pelatihan kali ini kita libatkan sekitar 50 orang peserta,” ungkap Arfah.

Dijelaskan Arfah, sistem pertanian organik ini dapat membantu petani untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian dengan biaya oprasional yang relatif lebih murah.

“Sistem pertanian organik telah kami aplikasikan sejak dua tahun yang lalu, yang kami pusatkan di Kecamatan Ma’rang. Kami berharap sistem ini dapat diterapkan di desa-desa dan kecamatan lain di Pangkep.” harap Arfah. (red2)

Komentar