Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2017, Ponpes Ganra Soppeng Kenakan Sarung dan Songko’

43

SOPPENG, PORTALMAKASSAR.COM – Hari Santri Nasional merupakan momentum bagi santri untuk memperingati dan menumbuhkan kembali rasa persatuan dan kesatuan dengan didasari Ketuhanan Yang Maha Esa.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2017 Kota Watansoppeng di rangkaikan pula dengan upacara bendera diselenggarakan Pondok Pesantren Perguruan Islan Ganra di halaman Yayasan Perguruan Islam Ganra pada Senin (23/10/2017).

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri sudah di mulai sejak tiga tahun lalu. Hal ini tentu menjadi bukti pengakuan negara atas jasa- jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut,mengawal,mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Upacara ini di ikuti oleh seluruh bagian yang berada di Yayasan Perguruan Islam Ganra, mulai dari seluruh Kepala Sekolah dan jajarannya,Pimpinan Pondok pesatren YPIG,Para Pembina Pondok, dan para guru dan staf yang bertugas di YPIG dan para Sanntri dan Santriwati.

Ada hal yang menarik pada kegiatan upacara hari ini,sebab para peserta dan pembina upacara menggunakan atribut santri yaitu sarung dan songko’ (kopiah),

Upacara kali ini di rangkaikan dengan upacara hari santri jadi semua pelaksana upacara maupun para peserta upacara menggunakan sarung,ini merupakan ciri-ciri khas dari santri” tutur Rudi Jayadi, SQ selaku pembina pondok.

Kegiatan dimulai dengan laporan upacara kepada komandan upacara,dan dilanjutkan inspektur upacara memasuki lapangan upacara. Inspektur upacara sendiri di pimpin oleh Kiyai Muda Sulaiman, S.Pd.I,Pimpinan Pondok Pesatren Yayasan Perguruan Islam Ganra.

Tiga hal di tekankan pada isi pesan sambutan beliau “pertama, melalui momentum peringatan hari santri ini semua warga yayasan di diharapkan mulai menata kehidupan keagamaan kembali untuk meningkatkan kualitas keagamaan masing-masing.

Kedua membangun moralitas sebagai santri tauladan, menjaga dan menjalin persaudaraan demi kenyamanan bersama, ketiga menjaga persatuan dan kesatuan” tegas Kiyai Muda Sulaiman, S.Pd.I (red2)

Citizen : maghfirotin fajrin/yahya mustafa

Komentar