Kemendagri RI : Pilkada 2024 Dilaksanakan Serentak Di Indonesia

Kemendagri RI : Pilkada 2024 Dilaksanakan Serentak Di Indonesia

14
jambore ormas
Pemerintah Kota Makassar mengelar Jambore Ormas Tingkat kota Makassar tahun anggaran 2017 yang diselenggarakan di Hotel Dinasti Jl. Lombok. Senin (30/10/17)

MAKASSAR,PORTALMAKASSAR.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengubah sistem pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2024 mendatang.

Direktur Jenderal Bidang Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri,DR. Drs. Bachtiar. M.Si mengatakan, pemilihan 415 Bupati/Walikota dan 34 Gubernur akan dilakukan serentak.

Alasannya, kata Bachtiar sistem Pilkada yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia dinilai lebih efektif dan hemat anggaran.

“Ini memang desain negara untuk menata sistem pemilu kita, jadi satu hari kita akan pilih Bupati/Walikota dan Gubernur,” katanya usai menghadiri Jambore Ormas Tingkat Kota Makassar, Senin (30/10/2017) di Hotel Dinasti, Jalan Lombok Makassar.

“Kalau sekarang masih tiga tahap, ini cara kita mengefektifkan personil. Jangan tiap hari pemilu, capek juga masyarakat,” tambahnya.

Bachtiar juga meminta peran serta ormas dalam mengawal tahapan pilkada di Indonesia. Selain memberikan kontrol terhadap masyarakat, ormas juga dinilai mampu menggerakkan masyarakat

“Mengurus warga Makassar yang hampir 2 juta tidak mungkin pemerintah bisa urus semua. Pada akhirnya pemerintah harus mengandalkan kekuatan masyarakat, ya melalui ormas ini,” ungkapnya. (cr1/red2)

Komentar