Resmi Dibuka, Dispar Target Transaksi Makassar Expo 2017 di TSM Meningkat 20...

Resmi Dibuka, Dispar Target Transaksi Makassar Expo 2017 di TSM Meningkat 20 Persen

11
Pembukaan Makassar Expo 2017 di TSM, Rabu (1/11). (Foto/Hamzah)

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kembali menggelar Makassar Expo 2017 yang ke enam kalinya, Rabu (1/11/2017).

Makassar expo 2017 digelar selama lima hari, mulai 1 sampai 5 November 2017, di Antrium Trans Studio Mall (TSM), Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Makassar Expo 2017 sedikitnya menampilkan 42 tenant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), baik dari Makassar maupun di luar pulau Sulawesi Selatan, seperti Probolinggo, dan Lombok.

“Kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh multi produk dari Kota Makassar tapi juga kota-kota yang ada seperti Lombok, Malang, dan sebagainya. Kalau dari luar Sulawesi ada sekitar 6 tenant,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Rusmayani Madjid pada pembukaan, Rabu (1/11).

Kegiatan ini, kata dia, selain sebagai ajang promosi bagi daerah tujuan wisata khususnya di Kota Makassar, juga untuk jaringan pemasaran produk unggulan daerah sehingga terjadi peningkatan pemasaran dan perdagangan antar daerah di dalam negeri.

Rusmayani berharap agar kedepan masyarakat bisa lebih antusias dalam mengikuti event Makasssar Expo, dimana peran industri pariwisata dalam menggerakkan perekonomian daerah dan nasional.

Untuk target transaksi kali ini diharapkan meningkat dengan target Makassar Expo 2017 meningkat sebanyak 20 persen dari pendapatan di tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 4 Miliar.

Sementara, Asisten II Pemerintah Kota Makassar, Kusaiyyeng, mewakili Pemerintah Kota mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pameran, khususnya yang datang dari luar Pulau Sulawesi.

“Kita berharap Makasssar bisa menjadi pasar pariwisata potensial dan membuka peluang bisnis bagi pengembang jasa maupun produk perdagangan daerah,” katanya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini adalah suatu kesempatan untuk memamerkan produk UMKM yang merupakan produk unggulan di wilayahnya masing-masing.

Lanjutnya, upaya untuk meningkatkan UMKM di Kota Makassar antara lain dengan menggelar beberapa kegiatan, bukan hanya dari Dinas Pariwisata, melainkan juga dari Dinas Perdagangan untuk saling bergandengan tangan meningkatkan potensi.

“Untuk mediasi kepada masyarakat meningkatkan UMKM di Kota Makassar salah satu jalan kita ada selain seminar kita juga melakukan workshop,” tutupnya. (CR1)

Komentar