Nurmal Idrus: Jika AAN Tidak Maju, Strong Voters Sidrap ke NH-Aziz

Nurmal Idrus: Jika AAN Tidak Maju, Strong Voters Sidrap ke NH-Aziz

20
Nurmal Idrus
Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus ||Ist

MAKASSAR,PORTALMAKASSAR.COM – Tiga pasangan bakal calon di Pilgub Sulsel, NH-Aziz, NA-ASS, IYL-Cakka telah mengantongi syarat kursi yang ditetapkan oleh KPU.

Namun pasangan lain AAN-Aliyah yang telah menyatakan ingin maju hingga hari ini masih belum mencukupi 17 kursi sebagai peserta Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Pengamat Politik, Nurmal Idrus berpendapat, apabila Agus Arifin Nu’mang (AAN) tidak jadi maju maka potensi suara Sidrap kemungkinan besar akan berpindah kepada NH-Aziz, dikarenakan faktor Bupati Sidrap, Rusdi Masse.

“Tentu saja akan berpengaruh. Seperti Sidrap , jika AAN tak jadi maju maka potensi suara kemungkinan besar akan diambil oleh NH Aziz karena faktor Bupati Sidrap Rusdi Masse”. ucap Nurmal Idrus, sesuai teks yang diterima reporter portalmakassar.com melalui WhatsApp, Jum’at (3/11/2017).

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menambahkan, apabila hanya terdapat tiga pasangan pada Pilgub Sulsel, maka parameter terdekat yang dapat digunakan untuk melihat konstalasi pemilih adalah kedekatan geopolitik dan penguasaan jaringan infrastruktur politik dan birokrasi.

“Tentu akan lebih menarik. Untuk menghitung kekuatan masing-masing calon maka parameter terdekat yang bisa dipakai menurut saya adalah kedekatan geopolitik. Selain itu penguasaan jaringan infrastruktur politik dan birokrasi”. ujar Direktur Nurani Strategic tersebut.

Ia pun menuturkan, teramat penting untuk merangkul calon yang tidak jadi maju dikarenakan ia juga memiliki basis pendukung yang fanatik, dan pemenang pilgub Sulsel merupakan yang memiliki jaringan politik sampai akar-akarnya di strata pemilu yaitu TPS.

“Amat penting untuk merangkul calon yang tak jadi maju. Tentu saja mereka juga punya pendukung fanatik dan pemenang pilgub Sulsel adalah calon yang mempunyai kekuatan jaringan politik sampai tingkat terbawa di strata pemilih yaitu TPS. Jika infrastruktur itu mampu dikendalikan dengan baik maka dia lah yang aka menjadi pemenang”. pungkasnya. (cr3/red2)

Komentar