KPU Sulsel Gelar Sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 2017

KPU Sulsel Gelar Sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 2017

45

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mengadakan sosialisasi undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum diselenggarakan di Hotel Arya Duta Makassar, Rabu (8/11/2017).

Acara ini juga dihadiri para Parpol dan mitra penyelenggara, yakni Panwas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda Ormas dan para organisasi media.

Ada empat narasumber dihadirkan yakni, Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir (materi dibawakan Substansi Perubahan Undang-undang Pemilu), akademisi Dr. H. Adi Suryadi Culla, MA (Esensi Pemilu Sebagai Prosedur Demokrasi dan Perkembangannya), Mappinawang (Potensi Masalah Serta Penyelesaian Pelanggaran dan Sengketa Pemilu) dan Prof. Dr. H. Andi Muin Fahmal, SH, MH (Pemilihan Umum Dalam Aspek Hukum dan ketatatanegaraan).

Dalam kegiatan ini Khaerul Mannan sebagai moderator tersebut ada beberapa hal dan poin – poin penting dalam isi UU Pemilu disampaikan :

Penjelasan terkait dengan kedudukan KPU dan Bawaslu dalam Undang – Undang ini sebagai Penyelenggara Pemilu Penjelasan terkait dengan Sistem Pemilu yang dianut dalam Undang – Undang dengan mekanisme penghitungan metode mengkonversi suara menjadi kursi dalam Pemilu 2019.

Penjelasan terkait dengan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik untuk menjadi peserta Pemilu terutama dimana tahapan dan jadwal Pemilu 2019 memasuki tahapan pendaftaran Parpol tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2017.

Penjelasan terkait dengan Penataan Daerah Pemilihan untuk DPRD Kab/Kota. Penjelasan terkait dengan Pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. (Cr3)

Komentar