Firdaus Muhammad: Mestinya Cak Imin Diusung Jadi Capres

Firdaus Muhammad: Mestinya Cak Imin Diusung Jadi Capres

86
Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad (kiri). (Ist/WA)

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Puluhan pemuda yang tergabung dalam organisasi ‘Cak Imin Saribattangku’ mendeklarasikan dukungan untuk Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, sebagai Calon wakil presiden (Cawapres) 2019, Kamis, (9/10/2017).

Koordinator Cak Imin Saribattangku, Abd Rahim menjelaskan jaringan ini dideklarasikan dengan tujuan untuk menyebarluaskan ide, gagasan dan cita-cita Cak Imin.

“Cak Imin merupakan tokoh yang berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia, selain itu Cak Imin sosok yang memiliki paham kebangsaan dan menjunjung tinggi idiologi pancasila sebagai falsafah bernegara di Indonesia,” beber Abd Rahim.

Ia menyampaikan hal itu, mengingat Indonesia saat ini berada dalam ancaman perpecahan dengan munculnya kelompok2 ekstrimis-radikal yang bertujuan memecah persaudaraan atau toleransi yang sekian lama dijaga oleh seluruh elemen bangsa indonesia.

“Dalam kondisi tersebut, NKRI membutuhkan pemimpin seperti Cak Imin. Untuk itulah kami Komunitas masyarakat di Sulsel terdiri dari berbagai elemen mendeklarasikan Cak Imin sebagai wakil presiden RI,” tambahnya.

Acara dekalrasi Cak Imin Capres 2019 tersebut juga dirangkaikan dengan dialog dengan tema Persaudaraan Indonesia dalam Prespektif Politik, Pemuda dan Kebudayaan.

Dengan menghadirkan Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, Direktur Nuriset
Hari Yulianto, dan budayawan Sulsel Syafrillah.

Pengamat politik, Firdaus Muhammad menyampaikan dari segi kompetensi dan ‘marketing’ politik Cak Imin tidak pas dicalonkan sebagai wapres. “Pasca Gusdur tak bisa dinafikan Cak Imin sebagai pewaris politik di NU dan masyarakat pesantren, mestinya Cak Imin diusung menjadi Capres,” jelasnya.

Sementara Budayawan Sulsel, Syafrillah menyampaikan pentingnya upaya mendialogkan kembali diskursus “politik kebudayaan” dalam kerangka strategi kebudayaan dalam bingkai keIndonesiaan.

Adapun Direktur NUsantara Riset, Hari Yulianto, menyampaikan Cak Imin sebagai figur dari angkatan muda memiliki kompetensi dan yang diakui bukan hanya di Indonesia, tapi hingga luar negeri

Sekadar diketahui, Relawan Cak Imin Saribattangku adalah kelompok Relawan Muda yang mendorong Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), A. Muhaimin Iskandar sebagai Calon Wakil Presiden 2019 mendatang. (ril)

Komentar