Pendaftaran Calon Perseorangan di Pilgub Sulsel 22-26 November, Syarat Dukungan 480.124 KTP

Pendaftaran Calon Perseorangan di Pilgub Sulsel 22-26 November, Syarat Dukungan 480.124 KTP

471
Ketua KPU Sulsel, Muh Iqbal Latief.

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel membuka pendaftaran bagi masyarakat yang akan mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel 2018 melalui jalur perseorangan (independen).

Syarat minimal dukungan yang diserahkan sebanyak 480.124 dan tersebar paling sedikit di 13 kabupaten/kota di Sulsel yang dibuktikan dengan foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) atau surat keterangan (suket) untuk masing-masing pendukung yang diterbitkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Adapun tanggal dan tempat penyerahan dokumen dukungan bakal pasangan perseorangan dimulai pada 22 sampai dengan 26 November 2017, mulai Pukul 08.00 – 16.00 WITA di Grand Asia Hotel, Jl Boulevard Raya, No 10, Makassar.

Ketua KPU Sulsel, Muh. Iqbal Latief mengatakan pendaftaran untuk jalur perseorangan yang di buka selama lima hari (22-26 November) setelah itu dilakukan verifilkasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Kita buka lima hari setelah itu ditutup. Lalu kami verifikasi, kecukupan dukungan minimal tersebar 13 kabupaten/kota kan 50 plus satu dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Lalu kita datangi semua yang mendukung karena sekarang aturannya model sensus untuk memastikan yang bersangkutan mendukung calon,” kata Muh. Iqbal Latief saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor KPU Sulsel, Jl. AP. Pettarani, Kamis (9/11) kemarin.

Iqbal Latief menyampaikan dalam masa verifikasi ini, ternyata didapati pemilik dukungan baik KTP-E atau Suket yang keberatan karena merasa tidak pernah memberi dukungan kepada yang bersangkutan, akan di berikan formulir untuk diisi sebagai bukti legalitas. “Misalnya ada 100 dukungan yang keberatan, dan kurang dari 480.124, maka calon independen diberikan masa perbaikan dan harus mengganti dua kali lipat, artinya harus mengganti 200 dukungan,” kata Iqbal Latief.

Iqbal Latief menyampaikan syarat dukungan juga tidak boleh dari ASN, penyelenggara, dan penyelenggara tingkat desa. Selanjutnya, Iqbal menyampaikan setelah semua selesai, calon perseorangan dinyatakan memenuhi syarat, akan dibuka pendaftaran calon pada Januari 2018.

“Nanti pada Januari bersamaan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur partai dan perseorangan,” sambungnya. Adapun untuk keterangan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Asrar Marlang (Humas KPU Sulsel) 081343554742. (red3)

 

Komentar