Wow, Jelang Akhir Tahun 2017, Stok Janda di Makassar Sebanyak 2168 Jiwa

Wow, Jelang Akhir Tahun 2017, Stok Janda di Makassar Sebanyak 2168 Jiwa

138
Ilustrasi
Ilustrasi

MAKASSAR,PORTALMAKASSAR.COM – Makassar dikenal dengan adanya istilah “Uang Panai” atau uang mahar yang seringkali harganya bernilai tinggi atas diri seorang calon mempelai perempuan.

Pengadilan Agama Kelas IA Makassar
Kantor Pengadilan Agama Kelas IA Makassar

Kebanyakan para wanita Makassar yang di pinang dengan “Uang Panai” bernilai wow, merupakan wanita keturunan bangsawan, anak pengusaha, anak pejabat dan ASN (Aparatur Sipil Negara).

Namun ada fakta dibalik mahalnya ” Uang Panai” , menurut Pengadilan Agama (PA) Makassar, tercatat hingga Awal November 2017 jumlah perempuan berpotensi menjanda mencapai 2168 jiwa dengan jumlah permohonan terakhir sebanyak 507 gugatan.

Humas PA Kelas 1A Makassar, H. Anwar Saleh, SH.,MH, mengatakan jumlah gugatan cerai ditahun 2016 lalu sebanyak 2529 dengan jumlah permohonan sebanyak 577, sementara hingga awal  bulan November 2017 ini jumlah permohonan cerai yang masuk sebanyak 507 gugatan dengan potensi perceraian sebesar 2168 jiwa.

” Potensi gugatan cerai di Makassar sangat besar dek, dengan berbagai alasan diantaranya cekcok (konflik), tidak dinafkahi, selingkuh serta poligami” terang Anwar Saleh kepada reporter portalmakassar.com, Kamis (09/11/2017) saat ditemui di ruangannya.

Menurut Anwar Saleh permohonan gugatan cerai yang di ajukan oleh para kaum istri tersebut berasal dari berbagai golongan mulai dari IRT biasa, Buruh, Aparatur Sipil Negara (ASN), Istri TNI/Polri, Pegawai Daerah, Karyawan BUMN bahkan ditahun 2009 lalu seorang artis Makassar juga mengajukan gugatan cerai.

Anwar Saleh menambahkan, saat ini jumlah gugatan yang telah diputus oleh PA sebanyak 272 dan tersisa 442 yang belum dilakukan putusan mengingat sebagian alasan yang diajukan tidak dapat diterima dan beberapa diantaranya dapat rujuk kembali kepada pasangannya.

Salah seorang perempuan muda yang ditemui berinisial S(25) warga asal jalan Cendrawasih Makassar mengatakan alasan dirinya menggugat cerai suaminya berhubung dirinya sudah tidak ada kecocokan dengan suami dan mertuanya sehingga hubungan rumah tangga yang telah dibina selama 5 tahun sudah tidak sreg dan merasakan bahagia lagi. (cr3 /red2)

Komentar